Covid-19 jadi Endemi, Dinkes Banyuwangi: Ruang Isolasi Tetap Ada

- 23 Juni 2023, 11:27 WIB
Tenaga kesehatan khusus menangani kasus COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta./ANTARA/Hery Sidik
Tenaga kesehatan khusus menangani kasus COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta./ANTARA/Hery Sidik /

RINGTIMES BANYUWANGI- Kasus Covid-19 di Indonesia terus melandai dan Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa pemerintah secara resmi mencabut status pandemi.

"Kita mulai memasuki masa endemi," kata Jokowi dilansir dari Kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 21 Juni 2023. 

Sebelumnya, di hadapan media, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat telah menyinggung hal tersebut dan mengatakan bahwa ke depannya masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19. 

Baca Juga: Sambut HUT Bhayangkara Ke-77, Polsek Rogojampi Banyuwangi Berbagi Kebahagiaan

Ditanya mengenai bagaimana nasib ruangan-ruangan isolasi yang pernah difungsikan khusus untuk penanganan Covid-19, Amir mengatakan bahwa ruangan isolasi tetap ada, meskipun jumlahnya berkurang. 

"Maka bisa dikurangi (jumlah ruangan yang digunakan) bukan dihilangkan. Dikurangi itu artinya bisa suatu saat difungsikan kembali kalau misalnya diperlukan pola pencegahan dan penanganannya tetap sama," terangnya pada Jumat, 16 Juni 2023.

Hal tersebut karena pada kasus positif Covid-19 harus tetap dilakukan penyelidikan epidemiologi dan survei serta melacak riwayat kontak langsung penderita. 

"Pola penanganan yang seperti itu tetap ada. Dan kalau misalnya perlu penanganan lebih lanjut di rumah sakit, kan masih tetap diperlukan ruang isolasi," ujarnya. 

Lebih lanjut, masyarakat kini disebutnya sudah tak diwajibkan lagi menggunakan masker di tempat umum. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x