Dinkes Banyuwangi Siapkan Fasilitas Rujukan Komprehensif Cegah Keterlambatan Evaluasi Ibu Hamil

- 24 Juni 2023, 15:06 WIB
Ilustrasi hamil
Ilustrasi hamil /editornews.id/

RINGTIMES BANYUWANGI- Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi sempat menjadi sorotan publik saat ramainya video seorang ibu hamil di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran yang hendak melahirkan dievakuasi oleh warga menggunakan jeep pribadi menuju ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Agar peristiwa demikian tak terulang kembali, Dinkes Banyuwangi bergerak cepat dengan melakukan kerjasama dengan seluruh rumah sakit untuk menyiapkan fasilitas rujukan yang komprehensif supaya tidak terjadi keterlambatan penanganan. 

Hak tersebut diungkapkan langsung oleh Plt. Dinkes Banyuwangi Amir Hidayat di hadapan awak media pada Jumat, 16 Juni 2023.

"Harapannya dalam waktu dekat ini teman-teman dokter spesialis obgyn, spesialis anak juga akan mendampingi teman-teman dari puskesmas, dokter dan bidan karena problem dari kematian ibu dan kematian bayi itu ada karena terlambat deteksi dini, terlambat rujukan dan terlambat penanganan. Terlambat rujukan terutama di daerah daerah agak pinggir seperti Dusun Sukamade," terangnya. 

Baca Juga: Simak Imbauan P4MI Banyuwangi Sebelum Kerja ke Luar Negeri

Oleh sebab itu, pihaknya juga secara khusus memberikan ambulans yang biasa ada di puskesmas induk untuk disiagakan di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. 

"Untuk yang di Pustu (puskesmas pembantu) Sarongan itu kita siapkan ambulan four wheel drive double gardan untuk menjangkau, terutama di daerah sekitarnya seperti Kandangan dan Sukamade. Supaya kalau ada emergency ada kegawatdaruratan bisa langsung dirujuk dengan ambulans," tandasnya.

Untuk diketahui, Dusun Sukamade merupakan sebuah wilayah cukup terpencil di Banyuwangi dengan akses yang memacu adrenalin.

Untuk bisa sampai ke sana, kendaraan yang paling direkomendasikan adalah jeep, karena medan perjalanannya banyak didominasi jalan berbatu, kelokan, jalan berlumpur serta tanjakan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x