Simak Imbauan P4MI Banyuwangi Sebelum Kerja ke Luar Negeri

- 24 Juni 2023, 13:44 WIB
Ilustrasi pengiriman TKI ilegal.
Ilustrasi pengiriman TKI ilegal. /Pixabay/

RINGTIMES BANYUWANGI- Kasus perdagangan orang lintas negara masih marak terjadi, seperti yang pernah jadi sorotan saat puluhan pekerja migran Indonesia di Kamboja menghebohkan media sosial kala meminta tolong untuk dipulangkan. 

Banyak dari mereka merasa ditipu karena kenyataan yang dijalani tak seindah janji-janji manis yang diucapkan oleh pihak yang memberangkatkan. 

Menghindari hal tersebut, masyarakat sebaiknya mencari tahu lebih banyak tentang pekerjaan yang akan dilakoni dan siapa yang memberangkatkan.

Seperti yang diungkapkan Koordinator Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Banyuwangi Fery Maryanto. 

"Jika ada yang menawari pekerjaan apapun bekerja ke luar negeri, tolong dicari tahu dulu pekerjaannya, terus siapa yang berangkatkan, minimal ke kepala desa," imbaunya. 

Baca Juga: Mepe Kasur, Tradisi Unik Suku Osing Banyuwangi Jelang Idul Adha

Fery menerangkan, mencari tahu tentang Perseroan Terbatas (PT) yang akan memberangkatkan dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor P4MI, Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), atau minimal ke kepala desa setempat karena jaringan P4MI disebutnya hingga ke kepala desa. 

"Biar lebih jelas semuanya dan di situ pasti kita arahkan ke yang (pekerjaan) resmi," katanya. 

Selain itu, jika calon migran datang langsung ke kantor P4MI juga akan diberikan sosialisasi migrasi yang aman tentang tata cara ke luar negeri serta mendapat peluang tawaran kerja ke luar negeri. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x