6 Tips Ampuh Atasi Kram Saat Mengalami Menstruasi Pada Wanita

- 9 Januari 2024, 09:00 WIB
6 Tips Ampuh Atasi Kram Saat Mengalami Menstruasi Pada Wanita
6 Tips Ampuh Atasi Kram Saat Mengalami Menstruasi Pada Wanita /

RINGTIMES BANYUWANGI- Saat menstruasi, sebagian besar wanita mengalami berbagai gejala, dan salah satu yang paling umum adalah kram perut.

Kondisi ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kenyamanan tubuh. Kram perut pada saat menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang bertujuan untuk mengeluarkan lapisan dalam rahim yang tidak dibutuhkan.

Pemilihan makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi selama menstruasi adalah solusi bagi banyak perempuan, lebih dari sekadar berobat atau istirahat.

Baca Juga: Temuan Terkait Pemilu 2024, Begini Cara Melaporkan

Berikut sejumlah makanan tertentu yang efektif meredakan kram perut saat menstruasi bagi banyak perempuan.

  1. Makanan Kaya Zat Besi Konsumsi makanan kaya zat besi saat menstruasi sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Kandungan zat besi memiliki berbagai manfaat baiknya, seperti membantu pasokan darah penting ke tubuh, mencegah anemia, dan mengurangi nyeri tubuh. Anda juga bisa memasukkan makanan kaya zat besi, seperti bayam, ayam, dan kacang-kacangan ke dalam pola makan Anda selama ini.

 Baca Juga: 4 Arti Mimpi Tentang Kucing, Cek Faktnya

  1. Asam Lemak Omega-3 Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi, membantu mengurangi nyeri tubuh saat menstruasi. Berbagai jenis makanan dengan kandungan omega-3 mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan kram menstruasi, seperti ikan, biji rami, dan kenari.
  2. Kalsium dan Vitamin D Makanan kaya kalsium merupakan pilihan terbaik saat menstruasi, seperti susu, sayuran hijau, dan susu nabati. Vitamin D juga penting untuk meredakan masalah menstruasi, sebagaimana dapat diperoleh melalui paparan sinar matahari minimal 10 menit setiap hari atau dengan mengonsumsi kuning telur.
  3. Magnesium Makanan kaya magnesium secara efektif mengurangi ketegangan otot dan membantu relaksasi otot, sehingga pada akhirnya mengurangi nyeri haid. Sejumlah makanan sumber magnesium yang sangat baik, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan coklat hitam. Meski begitu, konsumsi kacang-kacangan secara berlebihan berisiko masalah kesehatan yang serius. Alhasil, penting untuk lebih bijak saat mengonsumsinya.

 Baca Juga: Shin Te-Yong Tanggapi Kekuatan Timnas Jepang Digrup Piala Asia Qatar 2023

  1. Makanan Kaya Serat Memasukkan kandungan serat ke dalam makanan akan mempercepat pencernaan dan memastikan pergerakan usus yang baik, yang berujung membantu meringankan masalah menstruasi. Anda dianjurkan memilih beberapa makanan yang tinggi serat, seperti bayam, pisang, sayuran, dan buah-buahan.
  2. Tetap Terhidrasi Selama menstruasi, pastikan asupan air yang cukup untuk membantu relaksasi otot dan mengurangi kelelahan. Penting meminum air hangat dapat sangat membantu dalam mengendurkan otot dan mengurangi rasa tidak nyaman. Itulah rekomendasi makanan sehat yang meredakan kram menstruasi bagi banyak perempuan.

Disclaimer: Artikel ini hanya dimaksudkan sebagai informasi umum dan tidak membahas kondisi individu. Informasi ini bukan pengganti saran atau bantuan profesional dan tidak boleh diandalkan untuk membuat keputusan apa pun. Anda tetap perlu mengikuti anjuran dokter.***

Editor: Dian Effendi

Sumber: Mens Health Perempuan kesehatan tips


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x