Delusi Cinta Belibihan, Berikut Cara Atasinya

- 10 Januari 2024, 21:00 WIB
Delusi Cinta Belibihan, Berikut Cara Atasinya
Delusi Cinta Belibihan, Berikut Cara Atasinya /

RINGTIMES BANYUWANGI- Erotomania adalah kondisi psikologis pada saat seseorang merasa orang lain jatuh cinta padanya.

Gangguan itu dapat menimbulkan beberapa gejala, salah satunya memiliki obsesi berlebih pada seseorang yang disukai.

Beberapa orang bisa merasa jika lawan bicara menyukai atau bahkan mencintainya, pada saat sedang berinteraksi dengan intens bersama seseorang.

Baca Juga: Jefri Nichol Kenalkan Lebih Dekat Sosok Ali Topan yang Diperankannya, Simak Behind The Scenenya

Padahal, hal itu belum tentu benar-benar terjadi dan bisa saja orang tersebut hanya merasa narsis. Jika delusi pada cinta yang tidak nyata itu terlalu sering terjadi, bisa jadi disebabkan oleh gangguan erotomania.

Pengidap gangguan psikologis tersebut berpikir jika orang lain jatuh cinta padanya, padahal tidak. Bahkan, anggapan tersebut tidak hanya berlaku pada seseorang yang sudah ditemui. Perasaan itu juga berlaku pada seseorang yang belum ditemui.

Seseorang dengan erotomania bahkan sangat yakin jika sudah menjalin hubungan cinta melalui anggapan tersebut. Di sisi lain, pengidapnya mungkin kesulitan menerima fakta jika semua yang dipikirkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka, Senam Bersama Ribuan Emak-emak Banyuwangi

Diagnosis Erotomania Gangguan kesehatan mental Erotomania bisa menjadi kondisi yang berbahaya. Hal itu juga kerap tidak disadari oleh pengidapnya, maupun keluarga yang ada disekitarnya. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan penyebab gangguan kesehatan yang terjadi.

Meski tidak ada pemeriksaan khusus yang bisa mendiagnosis erotomania, tetapi psikolog atau psikiater dapat membantu untuk mengatasi kondisi tersebut dengan tepat. Gejala utama dari erotomania adalah memiliki keyakinan yang salah jika seseorang tengah tergila-gila pada pengidap.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x