Libatkan Masyarakat dalam Kelola Sampah, Banyuwangi Raih Adipura

- 5 Maret 2024, 15:31 WIB
Wakil Menteri LHK Alue Dohong saat penyerahan Piala Adipura ke Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banyuwangi, Dwi Yanto.
Wakil Menteri LHK Alue Dohong saat penyerahan Piala Adipura ke Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banyuwangi, Dwi Yanto. /Lailatul Khomsiyah/Ringtimes/

 

RINGTIMES BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi kembali mendapatkan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang diserahkan dalam Penganugerahan Adipura, di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Selain Piala Adipura, Banyuwangi juga meraih Plakat Adipura dalam upayanya melakukan pengelolaan sampah berbasis TPS 3R (tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle) yang melibatkan partisipasi masyarakat.

“Alhamdulillah, Banyuwangi kembali raih Piala Adipura, lambang kebersihan kota dan lingkungan hidup. Ini tentunya kebanggaan bagi semua warga Banyuwangi yang terus berupaya menjadikan daerahnya bersih dan nyaman. Ini adalah kerja gotong royong seluruh warga,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.    

Baca Juga: Gandeng Baznas, Banyuwangi Kembali Gotong Royong Bedah Rumah Tidak Layak Huni

Piala Adipura terakhir diraih Banyuwangi pada tahun 2017. Di tahun ini, Banyuwangi kembali berhasil menyabet Piala Adipura, serta Plakat Adipura.

“Bukan berarti sekian tahun absen Adipura, kita tidak melakukan upaya apapun. Namun, kami terus menjaga kebersihan daerah dan meningkatkan pengelolaan persampahan. Tidak hanya mengandalkan TPA, tapi kami terus mendorong pengelolaan sampah secara sirkular lewat TPS 3R. Karena kami ingin penanganan sampah dilakukan dari hulu ke hilir,” kata Bupati Ipuk.

Banyuwangi memiliki sejumlah program persampahan, mulai bank sampah,  pembangunan TPS3R  hingga berbagai inovasi penanganan sampah yang melibatkan pihak swasta maupun masyarakat.

Baca Juga: Gelar Rapat Paripurna, DPRD Banyuwangi Sampaikan Nota Pengantar Ranwal RPJPD Tahun 2025-2045

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x