Melihat TPS 3R Muncar Banyuwangi, Peraih Adipura Pengolahan Sampah 3R Terbaik se-Indonesia

- 12 Maret 2024, 11:22 WIB
Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi
Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi /Lailatul Khomsiyah/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI -  Selain memperoleh Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi juga meraih Plakat Adipura sebagai TPS 3R Terbaik Nasional. TPS Tembokrejo Muncar ini setiap bulannya rutin ekspor plastik daur ulang ke berbagai negara.

Plakat Adipura merupakan salah satu kriteria penghargaan pada Anugerah Adipura.

Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota, yang memiliki lokasi dengan rata-rata nilai tertinggi nasional salah satunya untuk kategori TPS 3R terbaik.

Setelah melalui 20 kriteria penilaian, TPS 3R Tembokrejo mendapatkan nilai tertinggi se-Indonesia.

Di antara nilai plus dari TPS 3R Muncar, telah melakukan pengelolaan sampah dengan mekanisme sistematis, serta adanya keterlibatan aktif 7.500 warga desa dalam mendukung program persampahan melalui iuran warga.

Baca Juga: Pansus Raperda LP2B DPRD Banyuwangi Berlanjut dan Cermati Kembali Pembahasannya

“Terima kasih kepada semua warga dan juga pengelola TPS 3R, yang telah gigih dan berkomitmen dalam melakukan pengelolaan sampah. Mengapresiasi apa yang diraih TPS 3R Muncar, pemkab memberikan “hadiah” gerobak sampah motor kepada pengurus,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, MInggu (10/3/2024).

Penanganan sampah di Muncar ini diawali dari warga Desa Tembokrejo yang membuat TPS 2016.

Pada 2018, pemerintah Norwegia bersama korporasi Borealis dari Austria melibatkan NGO Systemiq untuk melakukan pendampingan masyarakat di sana, yang diberi nama Project STOP.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah