PPGA Gunung Raung Lihat Cahaya Panjang tapi Tidak Dengar Suara Dentuman

- 5 Juni 2021, 08:15 WIB
Visual Gunung Raung, Jumat pagi, 4 Juni 2021.
Visual Gunung Raung, Jumat pagi, 4 Juni 2021. /Ringtimes Banyuwangi/


RINGTIMES BANYUWANGI - Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung memang mendeteksi adanya kilatan saat muncul cahaya panjang di atas Gunung Raung.

Cahaya panjang tersebut terekam CCTV dalam satu frame karena berlangsung sekejap, pada Jumat malam, 4 Juni 2021, 19:50 WIB

Secara visual cahaya memanjang secara vertikal (atas-bawah), nampak di atas Gunung Raung.

Tidak nampak benda apa yang mungkin berada di atas atau di bawah cahaya panjang tersebut.

"Jadi sesaat sebelum gambar itu, ada cahaya yang terang sekali. Tetapi tidak jelas sumber cahaya itu dari mana. (Dari rekaman CCTV PPGA Raung) kemudian muncul gambar yang tersebar itu," kata Kepala PPGA Raung Mukijo, Sabtu 5 Juni 2021.

Baca Juga: Pos Pengamatan Pastikan Suara Dentuman dan Cahaya Panjang Bukan Aktivitas Gunung Raung

Dia menyebarkan foto hasil rekaman CCTV sebagai tanggapan keresahan warga di sekitar Gunung Raung, baik di sisi Kabupaten Banyuwangi maupun Kabupaten Bondowoso.

Pihaknya menerima laporan dari masyarakat di sekitar Gunung Raung bahwa di sana terdengar suara dentuman.

Sehingga dia menanggapi dengan mempublikasikan foto kemunculan cahaya panjang di atas Gunung Raung disertai keterangan.

"Tidak merasakan, tidak didengar, kami hanya menerima laporan terutama dari masyarakat Sumberwringin (Kabupaten Bondowoso) dan sekitarnya, kemudian juga Kalibaru (Kabupaten Banyuwangi), tapi kami sendiri tidak mendengar," kata Mukijo lagi.

Baca Juga: Cahaya Panjang Terekam Kamera CCTV di Atas Gunung Raung, Ada Laporan Suara Dentuman

Keterangan yang dipublikasikannya menyebutkan bahwa suara dentuman maupun cahaya panjang bukan bagian dari aktivitas Gunung Raung.

Seismometer juga tidak menunjukkan anomali kegempaan dari aktivitas Gunung Raung.

Dengan demikian, terkait penelusuran lebih lanjut pada jenis dan asal cahaya panjang bukan lagi merupakan kewenangan pihaknya.

"Kami kirim foto itu untuk menjawab dari masyarakat sekitarnya. Posisi kami itu saja, untuk menjawab bahwa suara dentuman yang terdengar waktu itu bukan berasal dari aktivitas Gunung Raung," kata dia.

Baca Juga: PPGA Raung Berhenti Telusuri Kemunculan Dentuman dan Cahaya Panjang

Sebelumnya diberitakan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung melaporkan kemunculan cahaya di atas Gunung Raung, Jumat malam, 4 Juni 2021.

Kepala PPGA Raung Mukijo melaporkannya dengan mengirim foto dan keterangan ke grup kesiapsiagaan bencana Kabupaten Banyuwangi, jelang tengah malam.

Foto itu menunjukkan tampilan cahaya di atas Gunung Raung yang masih dalam kondisi gelap karena terjadi malam hari.

Cahaya tersebut memanjang dalam posisi membujur atau memanjang bawah atas, namun tidak nampak benda di bawah atau atasnya.

PPGA Gunung Ijen belum bisa memastikan asal maupun pola gerakan cahaya panjang yang muncul di atas Gunung Raung tersebut.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x