Indonesia Waspadai Lonjakan Kasus Covid 19 di Eropa, Jubir Vaksinasi: Pertahankan Testing Rate

- 1 November 2021, 06:30 WIB
Ilustrasi Covid-19/Melonjaknya kasus dan kematian akibat Covid-19 di Eropa membuat Indonesia harus waspada, jangan sampai lengah.
Ilustrasi Covid-19/Melonjaknya kasus dan kematian akibat Covid-19 di Eropa membuat Indonesia harus waspada, jangan sampai lengah. /Pixabay/@geralt/

RINGTIMES BANYUWANGI – Kasus virus Covid-19 yang ada di Indonesia dikabarkan mengalami penurunan sebesar 23 persen dalam seminggu terakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yaitu Siti Nadia Tarmidzi.

Melalui sebuah keterangan yang dikutip dari Jurnal Soreang, Nadia mengatakan bahwa, "Saat ini situasi di Indonesia baik di tingkat nasional maupun provinsi secara umum terjadi penurunan tren kasus baru mingguan sebesar 23 persen. Selain itu juga terjadi penurunan jumlah kematian sebesar 16 persen."

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Atur Libur Natal dan Tahun Baru, Khawatir Gelombang Tiga Covid-19

Nadia mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dalam menghadapi pandemi Covid-19 meski telah terjadi penurunan namun jangan sampai lengah.

Hal ini mengingat lonjakan kasus akibat virus Covid-19 kini tengah terjadi di beberapa negara Asia dan Eropa.

Berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 26 Oktober 2021, terjadi peningkatan jumlah kasus maupun kematian pada tingkat global dan regional Eropa.

Baca Juga: Palestina Memutuskan Perpanjang Status Darurat Covid 19 yang Tak Kunjung Mereda

"Peningkatan ini berkontribusi lebih dari 50 persen total penambahan kasus baru dan sekitar 14 persen dari total kematian," bebernya.

Nadia menambahkan, kenaikan kasus Covid-19 di negara-negara Eropa dapat menjadi salah satu masukan dan pembelajaran terkait respons nasional.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Jurnal Soreang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x