Peneliti Sebut Omicron Lebih Cepat Menular karena Gejalanya, Menyebar Keluar Benua dalam Waktu Singkat

- 17 Desember 2021, 17:15 WIB
Peneliti menyebut bahawa varian Omicron cenderung lebih cepat menular karena gejalanya, bahkan hingga keluar benua dalam waktu singkat
Peneliti menyebut bahawa varian Omicron cenderung lebih cepat menular karena gejalanya, bahkan hingga keluar benua dalam waktu singkat //Pixabay/Geralt


RINGTIMES BANYUWANGI - Amin Soebandrio, Peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkap salah satu faktor penularan varian Covid-19 Omicron meluas dengan cepat.

Faktor yang mendukung penyebaran Omicron adalah gejala klinis yang timbul dari penderitanya cenderung bersifat ringan bahkan hampir tak bergejala.

"Kelihatannya saat ini yang menyebabkan dia (Omicron) menyebar justru karena orang yang terinfeksi itu hampir tidak bergejala, ringan sekali sehingga mereka tetap beraktivitas, tetap berpergian, bahkan sampai ke luar negeri," kata peneliti di BRIN sebagaimana dikutip dari ANTARA pada Jumat, 17 Desember 2021.

Baca Juga: Cek Fakta, Gejala Omicron: Stroke dan Gagal Jantung Akibat dari Vaksin Covid-19

Oleh karena cenderung tak bergejala atau bergejala ringan, orang yang tak sadar sudah terinfeksi Omicron tetap bebas beraktivitas di luar dan tempat umum di tengah masyarakat.

Amin melanjutkan bahwa itulah penyebab penularan Omicron depat menyebar dari negara satu hingga negara lain bahkan ke luar benua.

Orang yang sudah terinfeksi Omicron dengan gejala yang ringan tentu tetap bepergian sampai jarak jauh. Hal itu mengakibatkan virus cepat menular dan menginfekai orang lain.

Baca Juga: Covid 19 Varian Omicron Tidak Berbahaya, Siti Fadilah Supari: Tidak Perlu Panik

"Dia (orang yang terinfeksi Omicron) tetap beraktivitas, termasuk bepergian sampai jarak jauh, itu yang menyebabkan virusnya terbawa sampai ke luar negeri atau sampai ke benua lain," lanjut Amin.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan sedisiplin mungkin.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah