Akurat dan Murah: Singapura Produksi Alat Tes PCR untuk Mendeteksi Varian Omicron dan Delta

- 5 Desember 2021, 09:26 WIB
Singapura memproduksi alat PCR untuk mendeteksi varian Covid-19 Omicron dan Delta. PCR ini dinilai lebih akurat dan harga yang murah.
Singapura memproduksi alat PCR untuk mendeteksi varian Covid-19 Omicron dan Delta. PCR ini dinilai lebih akurat dan harga yang murah. /v-a-n-3-ss-a/

RINGIMES BANYUWANGI – 3 Desember kemarin, perusahaan teknologi medis Acumen Diagnostics mengumumkan bahwa mereka sekarang tengah memproduksi alat uji reaksi rantai polimerase atau PCR yang mampu mendeteksi varian Covid Omicron dan Delta.

Alat test tersebut adalah test kit Acu-Corona 2.0 dan Acu-Corona Duplex. Alat PCR tersebut diproduksi secara lokal sehingga dapat digunakan dengan cepat dan lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan alat PCR impor.

Menurut siaran persnya, alat uji PCR Acu-Corona 2.0 akan menargetkan dua gen Covid-19 yaitu RdRp dan E, sedangkan uji PCR Acu-Corona Duplex menargetkan gen Covid-19 E dan S.

Baca Juga: Aturan Perjalanan Laut Terbaru Mulai Berlaku 3 November 2021, Tes PCR Tidak Diwajibkan

Porsi gen S yang menjadi target sasaran uji Acu-Corona Duplex tidak mengandung salah satu dari total 32 mutasi yang terjadi pada varian Omicron, sehingga alat ini juga mampu mendeteksi Omicron.

The Straits Times melaporkan bahwa alat tes ini sudah digunakan dan alat tes PCR ini diperkirakan memiliki harga setengah lebih murah dibandingkan dengan alat tes impor.

Dua laboratorium yang dimiliki perusahaan juga dapat memproduksi hingga 7000 tes diagnostik Covid-19 setiap harinya.

Baca Juga: Singapura Deteksi 2 Kasus Omicron Covid-19 di Area Transit Bandara Changi

"Seiring dengan ancaman Covid-19 yang terus berkembang dengan munculnya varian yang berpotensi lebih menular, Omicron, maka pengujian Covid-19 yang sangat akurat dan menghemat biaya lebih penting untuk mendeteksi dan membantu menekan penyebaran virus," kata Chief Executive Officer dan Chief Scientist of Acumen Diagnostics Ong Siew Hwa, dilansir dari laman mothership-sg pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Mothership


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x