Kasus Omicron di Indonesia Jadi 3 Pasien, Kemenkes Beberkan Penyebabnya

- 19 Desember 2021, 08:52 WIB
Kasus Omicron di Indonesia jadi 3 pasien. Kemenkes beberkan penyebabnya yakni perjalanan ke luar negeri yaitu Inggris dan Amerika Selatan.
Kasus Omicron di Indonesia jadi 3 pasien. Kemenkes beberkan penyebabnya yakni perjalanan ke luar negeri yaitu Inggris dan Amerika Selatan. /PIXABAY/Zapeyron/

RINGTIMES BANYUWANGI - Baru-baru ini Omicron menjadi salah satu kasus yang disoroti pemerintah. Meski angka pasien Covid-19 semakin menurun, namun adanya varian baru tidak boleh diabaikan.

Warga negara Indonesia yang pertama kali terkena varian Omicron ini merupakan pekerja kebersihan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta berinisial N. 

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa ada dua pasien baru yang dinyatakan terinfeksi varian B.1.1.529 atau Omicron setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.

Baca Juga: Dua Kasus Baru Omicron Terkonfirmasi, Pemerintah Imbau Masyarakat Tetap Waspada

"Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris,” ujar Siti Nadia Tarmizi sebagai jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, sebagaimana dilansir dari laman Kemenkes RI pada Sabtu, 18 Desember 2021.

“Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet," ujarnya.

Menurut pemaparan Nadia, dua pasien yang terinfeksi telah melakukan karantina selama sepuluh hari selepas dari perjalanan luar negeri.

Baca Juga: Kronologi Varian Omicron Terdeteksi Masuk Indonesia, Menkes: 5 Kasus Ditemukan

Hal itu menandakan bahwa protokol kesehatan yang ada di Indonesia sudah baik untuk menghambat penyebaran varian ini.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Kemenkes RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x