Di Tengah Konflik Rusia-Ukraina yang Semakin Menegang, Pemerintah Jepang Siap Tampung Pengungsi

- 3 Maret 2022, 12:06 WIB
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Konflik Rusia-Ukraina masih belum usai, Pemerintah Jepang melalui Perdana Menterinya, Fumio Kishida menyatakan siap tampung pengungsi.
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Konflik Rusia-Ukraina masih belum usai, Pemerintah Jepang melalui Perdana Menterinya, Fumio Kishida menyatakan siap tampung pengungsi. /Rodrigo Reyes Marin/Reuters

RINGTIMES BANYUWANGI – Negeri Matahari Terbit, Jepang menyatakan kesiapannya untuk menampung warga Ukraina yang melarikan diri dari serangan Rusia. 

Kesiapan tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida pada Rabu,2 Maret 2022 kemarin. 

Selain itu, PM Kishida juga mengungkapkan bahwa dirinya sudah berjanji dengan Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki melalaui percakapan telepon.

Baca Juga: Belarusia Turut Lakukan Invasi di Tengah Konflik Rusia-Ukraina yang Masih Belum Surut hingga Kini 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah memperkirakan bahwa hampir sebanyak 700.000 orang yang melarikan diri dari Ukraina ke negara-negara tetangga sejak dimulainya serangan Rusia hampir sepekan lalu. 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Konflik Rusia dan Ukraina Masih Panas, Pemerintah Jepang Siap Tampung Pengungsi 

Badan Pengungsi PBB mengatakan bahwa akibat serangan Rusia tersebut merupakan krisis pengungsi terbesar di Eropa pada 100 tahun terakhir. 

Sebagian besar (sekitar setengahnya) dari para pengungsi tersebut saat ini sudah berada di Polandia.

Baca Juga: Akibat Invasi ke Ukraina, Joe Biden Prediksi Vladimir Putin Akan Berakhir Kelam

“Untuk melanjutkan solidaritas dengan rakyat Ukraina, kami akan melanjutkan untuk menerima mereka yang mencari perlindungan di negara ketiga,” kata Kishida dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters pada 3 Maret 2022. 

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x