Wanita Ukraina Tewas oleh Tank Rusia Saat Membantu Ibunya yang Sedang Sakit

- 12 Maret 2022, 16:07 WIB
Ilustrasi Tank Rusia.
Ilustrasi Tank Rusia. /Pixabay/fotshot

RINGTIMES BANYUWANGI - Seorang wanita Ukraina dan ibunya yang sakit dilaporkan tewas oleh tank Rusia saat mencari obat.

"Valeriia Maksetska, 31, ditembak mati saat duduk di dalam mobil bersama ibunya dan sopir mereka di sebuah desa di luar Kyiv," ungkap Administrator Badan Pembangunan Internasional AS Samantha Power, dilansir RingtimesBanyuwangi.pikiran-rakyat.com dari New York Post, Sabtu, 12 Maret 2022.

“Saya sangat sedih untuk berbagi kematian Valeriia 'Lera' Maksetska—mitra pelaksana @USAID yang bangga dari Ukraina, tercinta & pemimpin yang brilian dan penuh kasih dalam membangun kohesi sosial & memerangi disinformasi,” tulis Power di Twitter.

Baca Juga: Jatuhkan 'Salah' ke Barat atas Lonjakan Harga Energi Dunia, Vladimir Putin Ungkap Kebenarannya

Maketska, seorang petugas medis terlatih, awalnya membuat keputusan sulit untuk tetap tinggal di Kyiv setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina lebih dari dua minggu lalu, ujar Power.

Wanita 'berani' itu akhirnya terpaksa meninggalkan ibu kota untuk mencari obat setelah ibunya yang sakit, Irina, kehabisan tenaga.

Kedua wanita dan sopir mereka, Yaroslov, ditarik dalam perjalanan ke perbatasan, dan menunggu konvoi Rusia lewat, ketika sebuah tank tiba-tiba melepaskan tembakan, menurut Power.

Baca Juga: 16 Ribu Pasukan Tambahan Siap Bantu Vladimir Putin Taklukkan Ukraina

Maketska hanya beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-32. Kematiannya 'menghancurkan' bagi mereka yang mengenalnya, sambung Power.

“Dia hanya memberanikan diri pada hari yang menentukan itu karena ibunya membutuhkan obat. Untuk tindakan tanpa pamrih itu, dia membayar harga tertinggi,” kata Jamey Butcher, CEO dan Presiden Chemonics, mitra USAID tempat Maketska bekerja, dalam sebuah pernyataan .

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: NY Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x