Event Go West Gantasan 2022 Menuju Kawah Ijen Banyuwangi Diikuti Ratusan Pesepeda

- 14 Maret 2022, 17:56 WIB
Ratusan pesepeda dari berbagai kota di Indonesia berpartisipasi dalam event Go West Gantasan 2022  dari Pendopo menuju kawasan Kawah Ijen.
Ratusan pesepeda dari berbagai kota di Indonesia berpartisipasi dalam event Go West Gantasan 2022 dari Pendopo menuju kawasan Kawah Ijen. /Instagram.com/riandharu.ari.p/

RINGTIMES BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai surganya pesepeda Indonesia. Pasalnya, setiap event sepeda yang digelar di Banyuwangi, selalu menarik perhatian penggemar olahraga sepeda.

Salah satunya pada akhir pekan lalu, ratusan pesepeda dari berbagai kota di Indonesia berpartisipasi dalam event Go West Gantasan 2022. Mereka bersepeda dari Pendopo menuju kawasan Kawah Ijen sejauh 23 Km.

Mulai dari Payakumbuh, Jakarta, Bekasi, Bali, dan kota lain di Jawa Timur, sebanyak 270 pesepeda turut dalam event balap sepeda pertama yang digelar tahun ini oleh Banyuwangi.

Baca Juga: Jadwal Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi dalam Ajang World Surf League Championship Tour

Dengan rutenya yang menanjak menuju lereng Gunung Ijen, sepanjang jalan para pesepeda tersebut disuguhi pemandangan yang menarik. Mulai dari deretan perkebunan hingga perkampungan warga Osing (suku setempat).

“Selama pandemi ini kami memang tidak menggelar event besar, hanya event kecil. Seperti Jazz Kopi dan Jazz Karet beberapa waktu lalu yang melibatkan komunitas-komunitas pesepeda di sini untuk olahraga sambil menikmati destinasi wisata Banyuwangi. Seiring dengan mulai terkendalinya pandemi ini, kami mulai menggalakkan kembali event sport tourism,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Senin (14/3/2022) dilansir dari Banyuwangikab.go.id.

Perlu diketahui, Banyuwangi Festival 2022 telah mengagendakan sejumlah event sepeda. Mulai dari Ikawangi Cycling Nusantara (19 Maret), International BMX ICF Series (21-22 Mei), Ijen Erek-erek Enduro (24-25 Juni), Blue Fire Ijen Challenge (24 September), dan Ijen Geopark Downhill (1 Oktober).

Baca Juga: 6 Rekomendasi Lokasi Favorit Rujak Soto, Kuliner Unik Khas Banyuwangi

“Sport tourism lain juga kami gelar di tahun ini. Quick Silver Pro G-Land Banyuwangi, ajang selancar paling bergengsi di dunia yang merupakan rangkaian World Surf League, akan dihelat di G-Land (Pantai Plengkung) mulai 26 Mei hingga 6 Juni,” beber Ipuk.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, Azis Hamid menjelaskan bahwa Banyuwangi dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x