Info BMKG Terkini, Gempa Bumi Baru Saja Mengguncang Kota Sukabumi 16 Maret 2022 Magnitudo 5,5

- 16 Maret 2022, 12:14 WIB
Info BMKG terkini telah terjadi gempa bumi di Kota Sukabumi yang berdampak ke beberapa daerah pada 16 Maret 2022 sebesar Magnitudo 5,5.
Info BMKG terkini telah terjadi gempa bumi di Kota Sukabumi yang berdampak ke beberapa daerah pada 16 Maret 2022 sebesar Magnitudo 5,5. /Tangkapan layar Instagram/infobmkg/

RINGTIMES BANYUWANGI - Menurut info BMKG, gempa bumi baru saja mengguncang daerah Kota Sukabumi. Meski Tidak Berpotensi Tsunami, masyarakat tetap harus waspada. 

Menurut laman resmi BMKG, pusat gempa berada di laut 113 km Tenggara Kota Sukabumi dan berdampak pada beberapa daerah yang juga merasakan guncangan seperti Garut, Cianjur, Lebak Selatan, Jakarta, Banjar, Bandung Barat, Bekasi, Bayah, Panimbang, Pandeglang, Cilegon, Tangerang Selatan, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Bandung, Depok, Serang, dan Purwakarta.

Gempa bumi terjadi pada pukul 10.00.01 WIB pada Rabu, 16 Maret 2022. Menurut data BMKG, bencana alam ini memiliki parameter magnitudo 5,5.

Baca Juga: Terpantau 10.570 Kali Aktivitas Gempa Selama 2021, BMKG: Jumlah Ini Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Gempa tektonik yang baru saja terjadi pagi tadi terletak pada koordinat 7.94 LS - 106.94 BT. Menurut data, bencana alam tersebut masuk ke dalam kategori gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. 

Lebih lanjut BMKG melalui akun instagramnya menuliskan bahwa gempa ini berdampak di berbagai daerah seperti disampaikan di atas. Secara detail, gempa dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dan Cianjur dengan skala intensitas IV MMI (bila siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Garut, Pandeglang, Bayah, dan Panimbang dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan ada truk yang berlalu). 

Selanjutnya daerah Lebak Selatan, Cilegon, dan Sukabumi dengan skala intensitas II-II MMI dengan getaran serupa seperti adanya truk berlalu. 

Baca Juga: Kota Serang Banjir, Sebanyak 2.298 Rumah Warga Tergenang, BMKG Ingatkan Prediksi Adanya Susulan

Lalu daerah selanjutnya adalah Jakarta, Banjar, Bandung Barat, Purwakarta, Tangerang Selatan, BAndung, Bekasi, Depok, dan Serang dengan skala intensitas II MMI ( getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda ringan yang digantung mulai bergoyang). 

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x