Pantai Cemara Banyuwangi Terdampak Pandemi Covid-19, Pedagang UMKM Alih Profesi

- 18 Maret 2022, 12:58 WIB
Pantai Cemara atau Pantai Rejo merupakan salah satu wisata yang terdampak pandemi.
Pantai Cemara atau Pantai Rejo merupakan salah satu wisata yang terdampak pandemi. /Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Pantai Cemara atau Pantai Rejo merupakan salah satu wisata yang terdampak pandemi. Adanya penurunan wisatawan membuat warga lokal khususnya UMKM terpukul.

Pasalnya kedatangan wisatawan pada suatu daerah tujuan wisata telah memberikan kesejahteraan dan kemakmuran warga setempat.

Semenjak terdeteksi Covid-19, Pantai Cemara yang terletak di Dusun Rowo Kelurahan Pakis Kecamatan Banyuwangi ini merasakan penurunan ekonomi yang  signifikan.

Baca Juga: Konservasi Penyu Pantai Cemara Banyuwangi, Bentuk Pelestarian Keragaman Biota Laut

Menurut Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pantai Cemara, Muhyi mengatakan bahwa efek Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah salah satu alasan turunnya wisatawan.

“Selama PPKM berdampak sekali, kita turun sekitar 40 persen, dari pengunjung wisata dan pengunjung edukasi, karena yang dominan ini kan tamu dari luar kota juga, anak sekolah. Karena anak sekolah sekarang kan sistemnya daring, ” kata Muhyi saat diwawancara, 17 Maret 2022.

Sebagaimana diketahui, sebelum adanya wabah virus, Pantai Cemara merupakan salah satu wisata yang memberikan edukasi terkait pemeliharaan penyu.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Ipuk: Tetap Berinovasi

Pengunjung bisa berwisata sekaligus mendapat wawasan tentang ekosistem kehidupan penyu dari bertelur hingga perawatan.

Tidak hanya wisata yang terdampak, UMKM yang menjual kuliner terpaksa menutup dagangannya dan mencari pekerjaan lain karena kurangnya pengunjung.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x