Sebut Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun ini Dibuka, Menag: Saya Berharap Indonesia Dapat Alokasi Ideal

- 21 Maret 2022, 12:30 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah /Dok Kemenag

RINGTIMES BANYUWANGI - Baru-baru ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah luar negeri, termasuk Indonesia, akan dibuka oleh Arab Saudi pada penyelenggaraan haji 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jamaah haji tahun ini dari luar Saudi," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip Ringtimes Banyuwangi dari Antara, Senin, 21 Maret 2022.

Yaqut menyampaikan kabar tersebut saat menggelar pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah, Arab Saudi, Minggu.

Baca Juga: Sirkuit Pertamina Mandalika Lolos Homologasi Grade A, Siap Gelar Event MotoGP

Menag pun menyinggung masalah kuota haji dalam pertemuan tersebut. Dalam keterangannya, ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota ideal seiring dengan banyaknya jamaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

Sementara itu, Yaqut menegaskan bahwa Indonesia sudah siap untuk memberangkatkan calon jamaah haji dan yang paling penting Arab Saudi memberikan kepastian soal kuota.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," ujarnya.

Baca Juga: Soal Video Lama Permintaan Megawati ke Jokowi, Pandji Pragiwaksono: Tersuram yang Pernah Gue Liat

Di sisi lain, Tawfiq F. Al-Rabiah selaku Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan, bahwa Pemerintah Arab Saudi akan membuka kesempatan jamaah luar negeri untuk beribadah haji tahun ini.

Terlebih saat ini jamaah umrah dari berbagai negara juga sudah berdatangan dan pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x