Tak Patah Semangat, Penyandang Disabilitas Tunanetra di Banyuwangi Cari Pahala Lewat Tadarus Bersama

- 13 April 2022, 20:50 WIB
Penyandang disabilitas tunanetra di Banyuwangi mencari pahala dengan mengadakan tadarus bersama. Tak patah semangat.
Penyandang disabilitas tunanetra di Banyuwangi mencari pahala dengan mengadakan tadarus bersama. Tak patah semangat. /Abdul Konik/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Tidak ada yang tidak mungkin, begitu kata yang pas untuk para penyandang tunanetra di Banyuwangi.

Pasalnya puluhan tunanetra ini mencari pahala dengan cara tadarus di bulan suci Ramadhan. 

Mereka dengan semangat mengikuti acara tadarus Al-Quran braille yang digelar di Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi, Rabu 13 Maret 2022 sore.

Berbeda dengan Al-Qur'an pada umumnya, Al-Qur'an yang digunakan oleh puluhan tunanetra ini adalah jenis Al-Qur'an dengan huruf braille yang dimana huruf Braille adalah huruf khusus untuk penyandang disabilitas tersebut, yang akan membuat mereka mudah untuk membacanya. 

Baca Juga: Pria Asal Banyuwangi Membawa Senjata Tajam Ke Masjid, Ingin Bertaubat

Meskipun demikian, para tunanetra dari berbagai kecamatan ini sangat lihai dalam membacanya, terlihat tak ada satupun yang kesulitan dalam membaca Al-Quran meskipun dengan cara diraba. 

Pembina tunanetra Banyuwangi, Atfal menyebut, setidaknya ada 20 peserta yang ikut dalam kegiatan tadarus Al-Qur'an braille ini. 

"Ada sekitar 20an yang ikut dari beberapa kecamatan, usianya peserta juga beragam, tapi semua masih dalam usia produktif," kata Atfal.

Baca Juga: Forpimda Banyuwangi Bagi 10 ribu Takjil Gratis, Bentuk Harmoni Ramadhan

Kegiatan ini bertujuan guna menggeliatkan kembali semangat teman teman penyandang tunanetra untuk membaca atau tadarus Al-Quran braille, ditakutkan dengan berkembangnya teknologi maka banyak hari ini yang hanya mendengarkan al-Qur'an. 

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah