Kebut Persiapan Event Surfing Dunia, Pantai G-Land Banyuwangi Siap Jadi Lokasi Lomba

- 13 April 2022, 04:20 WIB
Perhelatan surfing dunia akan segera dilaksanakan di patai G-land Banyuwangi
Perhelatan surfing dunia akan segera dilaksanakan di patai G-land Banyuwangi /Moch. Rifqi wildan/

RINGTIMES BANYUWANGI - Persiapan ajang selancar paling bergengsi dunia World Surfing League (WSL) Championship Tour yang akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, 26 Mei-4 Juni 2022 terus digenjot. 

Sebagai event yang memiliki social media engagement terbesar ketiga dunia setelh NBA dan NFL (American Football), pemerintah ingin memastikan semua terkoordinasi dengan baik.

“Kemenko Maritim dan Investasi (Marves) terus monitoring progress persiapan WSL di G-Land ini. Akhir pekan lalu kami rakor virtual, membahas infrastruktur dan kebutuhan strategis apa yang harus diprioritaskan lebih dahulu. Kurang 1,5 bulan, jadi kita semua harus ngebut persiapannya,” kata Mujiono selaku Sekretaris Daerah Banyuwangi 11 April 2022. 

Baca Juga: 10 Ribu Takjil Gratis Dibagikan Forpimda Banyuwangi, Dibeli dari UMKM

Dalam rakor yang dipimpin langsung oleh Kosmas Harefa itu, Asisten Deputi Pengembangan Periwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menjelaskan mengenai persiapan acara.

Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT. Telkom, Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), PT. Pertamina, pihak Imigrasi dan Bea Cukai, TN Alas Purwo, serta jajaran Pemkab Banyuwangi, merupakan beberapa instansi yang memiliki andil besar dalan kesuksesan event selancar. 

"Ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia ditunjuk sebagai lokus pelaksanaan ajang surfing paling bergengsi dunia. Harus kita persiapkan dengan baik. Momentum ini harus betul-betul kita manfaatkan untuk mendongkrak ekonomi nasional, utamanya Banyuwangi sebagai tuan rumah," kata dia mengutip pernyataan Harefa. 

Baca Juga: Dinas Pengairan Banyuwangi Lakukan Inovasi Paranet Vertical Garden untuk Cegah Orang Buang Sampah di Sungai

Sejumlah poin yang menjadi fokus pembahasan rapat meliputi percepatan penataan kawasan, penyediaan pasokan listrik, ketersediaan sinyal internet, ketersediaan rumah sakit rujukan, hingga SOP pengamanan kegiatan. 

"Kemenko Marves meminta bahwa semuanya harus clear.  Seluruh pihak harus mendukung penuh kegiatan ini. Progress terus dievaluasi dan dipantau oleh mereka, seperti pembangunan judge tower," jelas Mujiono. 

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x