Kunjungi Banyuwangi, Sandiaga Uno Dukung Geopark Ijen Lolos UNESCO Global Geopark

- 7 Juni 2022, 06:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Banyuwangi, beri dukungan penuh untuk Geopark Ijen agar lolos UNESCO Global Geopark.
Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Banyuwangi, beri dukungan penuh untuk Geopark Ijen agar lolos UNESCO Global Geopark. /Rahmawati Setyoardinie/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung Geopark Ijen bisa masuk dalam UNESCO Global Geopark (UGG).

Menurut dia, legitimasi tersebut bisa berdampak besar terhadap keberlanjutan pelestarian potensi yang ada di kawasan Geopark Ijen.

"Kami berharap dengan masuknya Ijen dalam jaringan UNESCO Global Geopark ini, akan bisa meningkatkan daya tarik wisata," ungkap Menparekraf saat assessment meeting di Kantor Bupati Banyuwangi, Senin (6 Juni 2022).

Baca Juga: Apresiasi Pemulihan Ekonomi, Menteri Sandi: Banyuwangi Makin ke Sini, Makin Keren

Untuk menyukseskan hal tersebut, saran Sandi, tergantung pada beberapa hal yang menjadi penilaian. 50 persen penilaian tersebut tergantung pada geologi dan lansekap.

"Kalau ini, kita beruntung. Kita dianugerahi oleh Tuhan dengan alam yang indah dan luar biasa," terangnya.

Sedangkan separuh penilaian lainnya bergantung kepada sumber daya manusianya. Di antaranya struktur pengelola, manajemen dan komitmen pemerintah setempat yang mencapai 25 persen.

Kemudian disusul oleh pendidikan dan interpretasi lingkungan yang mencapai 15 persen. Serta, pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi warga yang berkisar sepuluh persen.

Baca Juga: Berwisata Antimainstream di Banyuwangi, Menikmati Destinasi Wisata yang Indah Melalui Udara

"Kuncinya ada pada tiga hal di atas. Ini yang harus diperhatikan. Semoga Geoark Ijen bisa langsung lolos penilaian," kata Sandiaga.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x