Banyuwangi Kampanyekan Jaga Keberlanjutan Sungai Lewat Festival Oling River Food 2022

- 15 Juni 2022, 14:30 WIB
Pemkab Banyuwangi secara terus menerus berupaya menjaga kebersihan sungai. Terbaru Banyuwangi menggelar Festival Oling River Food.
Pemkab Banyuwangi secara terus menerus berupaya menjaga kebersihan sungai. Terbaru Banyuwangi menggelar Festival Oling River Food. /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi secara terus menerus berupaya menjaga kebersihan sungai. 

Berbagai program digalakkan untuk mengkampanyekan jaga kebersihan sungai. Terbaru Banyuwangi menggelar Festival Oling River Food, di tepi sungai Dam Limo, Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo.

"Kebersihan sungai harus dilakukan secara simultan dan berkelanjutan, agar masyarakat turut serta untuk bergotong royong dan bersama-sama menjaga kebersihan sungai," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat membuka kegiatan tersebut, Selasa 14 Juni 2022.

Dinas PU Pengairan Banyuwangi memiliki program dimana dam-dam sungai disulap menjadi sebuah ruang publik. Area dam dipercantik dan warga dilibatkan dalam pengelolaannya. 

Baca Juga: Kondisinya Telah Lama Berlubang, Sepanjang Ruas Jalan Parijatahwetan Banyuwangi Dilakukan Perbaikan

Seperti halnya di Dam Limo, kawasan stren kali tersebut dijadikan destinasi wisata. Di kawasan yang asri ini, sungai terlihat bersih terjaga kebersihannya, selain juga disediakan gubuk-gubuk untuk warga berjualan. 

Sambil menikmati keindahan dan kebersihan sungai di kawasan Dam Limo, pengunjung diajak menikmati makanan khas setempat, yakni ikan sidat, atau unagi, atau yang biasa dikenal dengan oling oleh penduduk setempat dengan berbagai varian olahan. 

Dam Limo merupakan salah satu tempat ladangnya ikan untuk berkembang biak.

“Warga Dam Limo mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi menikmati Unagi dengan citarasa khas Indonesia di sebuah areal dam di pinggir sungai yang bersih," kata Kepala Dinas PU Pengairan Guntur Priambodo.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x