Bupati Banyuwangi Optimistis Status Geopark Global Jadi Payung Pembangunan Berkelanjutan

- 13 Juni 2022, 14:15 WIB
Bupati Banyuwangi merasa optimistis status Geopark Ijen menjadi Unesco Global Geopark (UGG) akan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah
Bupati Banyuwangi merasa optimistis status Geopark Ijen menjadi Unesco Global Geopark (UGG) akan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani merasa optimistis dengan adanya status Geopark Ijen menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) akan membawa konsekuensi bagi pembangunan daerah dan dengan geopark dunia akan menjadi payung bagi pembangunan berkelanjutan di daerah.

"Karena kami yakin dengan status sebagai geopark dunia, sebenarnya kita semua sedang menyiapkan rumah masa depan yang mampu memberikan dampak positif bagi warga. Mampu membangun konsep perekonomian dan pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan kearifan budaya lokal," kata Bupati Ipuk pada Senin 13 Juni 2022.

Bupati Ipuk menjelaskan bahwa sejak ditetapkannya Geopark Ijen sebagai geopark nasional pada tahun 2018, pihaknya telah mengajukan status Geopark Ijen menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

Baca Juga: Kampoeng Batara Menjadi Contoh Kemendikbud Dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah Adat

Tim asesor UNESCO Global Geopark (UGG) Martina Paskova dan Jacob Walloe juga sudah memulai melakukan rangkaian penilaian terhadap Geopark Ijen. 

Tim asesor juga berpesan agar tetap melibatkan masyarakat lokal dalam proses pengembangan kawasan geopark.

Menurut Martina, kekayaan budaya, geologi dan keanekaragaman hayati yang dimiliki Geopark Ijen adalah hadiah dari alam yang harus dijaga keberlangsungannya.

"Anda punya alam yang bagus, orang-orang yang menyenangkan, etnis yang beragam, kami sangat senang berada di sini," katanya. 

Baca Juga: Terkesan dengan Gunung Ijen, Tim Asesor UGG: Terus Libatkan Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Geopark

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x