Krisis Kesehatan Mental: 80 Persen Anak di Jalur Gaza Palestina Alami Depresi Hingga Keinginan Bunuh Diri

- 16 Juni 2022, 12:50 WIB
Ilustrasi anak-anak Palestina/ Jalur Gaza di Palestina sejak tahun 2017 di blokade oleh Israel. Kini, sebanyak 80 persen anak Palestina alami depresi berat.
Ilustrasi anak-anak Palestina/ Jalur Gaza di Palestina sejak tahun 2017 di blokade oleh Israel. Kini, sebanyak 80 persen anak Palestina alami depresi berat. /Pixabay/hosni_salah/

RINGTIMES BANYUWANGI - Polemik antara negara Palestina dan Israel masih belum usai hingga mempengaruhi kondisi masyarakat didalamnya. Kini, dilaporkan sebanyak 80 persen anak di Palestina alami depresi.

Setidaknya empat dari lima anak di Jalur Gaza, Palestina menderita depresi, kesedihan, dan ketakutan yang disebabkan oleh blokade Israel selama lima belas tahun berdasarkan laporan yang berjudul "Trapped" diterbitkan oleh Save the Children ini mewawancarai 488 anak dan 168 orang tua di Jalur Gaza, Palestina. 

Blokade Jalur Gaza, Palestina dimulai sejak Juni 2007. Dengan di blokade jalur itu memberikan pembatasan perjalanan sehingga mempengaruhi anak-anak yang merupakan 47 persen dari dua juta penduduk Gaza.

Baca Juga: Indonesia Dorong Perdamaian dan Pembangunan Kembali Jalur Gaza, Materi PKn Kelas 11

Hingga saat ini, sekitar 800.000 anak Gaza tidak pernah mengenal kehidupan tanpa blokade.

Anak-anak itu harus menghadapi apa yang disebut laporan tersebut dengan situasi yang mengancam jiwa ditambah dengan adanya pandemi COVID-19.

Save the Children melakukan penelitian baru dan menemukan bahwa kesejahteraan mental anak-anak, remaja, dan pengasuh telah memburuk secara sejak laporan terakhir mereka pada empat tahun lalu.

Baca Juga: Gaza Kembali Diserang Pasukan Israel Kamis Malam 17 Juni 2021, Kali ini 40 Rudal dan Roket  

Tingkat tekanan emosional pada anak di Jalur Gaza, Palestina meningkat dari yang sebelum 55 menjadi 80 persen.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x