Dilakukan Secara Simultan, Banyuwangi Terus Kampanyekan Jaga Keberlanjutan Sungai

- 17 Juni 2022, 07:00 WIB
Pemkab Banyuwangi secara simultan terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan serta kebersihan sungai yang ada di Banyuwangi.
Pemkab Banyuwangi secara simultan terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan serta kebersihan sungai yang ada di Banyuwangi. / Rahmawati Setyoardinie/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi secara simultan terus berupaya menjaga kebersihan sungai.

Berbagai program digalakkan untuk mengampanyekan jaga kebersihan sungai. Terbaru Banyuwangi menggelar Festival Oling River Food, di tepi sungai Dam Limo, Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo.

"Kebersihan sungai harus dilakukan secara simultan dan berkelanjutan, agar masyarakat turut serta untuk bergotong royong dan bersama-sama menjaga kebersihan sungai," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (14 Juni 2022).

 Baca Juga: BPBD Banyuwangi disinfeksi pasar hewan dan RPH tekan penyebaran PMK

Dinas PU Pengairan Banyuwangi memiliki program dimana dam-dam sungai disulap menjadi sebuah ruang publik. Area dam dipercantik dan warga dilibatkan dalam pengelolaannya.

Seperti halnya di Dam Limo, kawasan stren kali tersebut dijadikan destinasi wisata. Di kawasan yang asri ini, sungai terlihat bersih terjaga kebersihannya, selain juga disediakan gubuk-gubuk untuk warga berjualan.

Sambil menikmati keindahan dan kebersihan sungai di kawasan Dam Limo, pengunjung diajak menikmati makanan khas setempat, yakni ikan sidat, atau unagi, atau yang biasa dikenal dengan oling oleh penduduk setempat dengan berbagai varian olahan.

Baca Juga: Banyuwangi tuntaskan 98 persen adminduk di Kampung Sukamade melalui program Camping Embun

Dam Limo merupakan salah satu tempat ladangnya ikan untuk berkembang biak.

“Warga Dam Limo mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi menikmati Unagi dengan citarasa khas Indonesia di sebuah areal dam di pinggir sungai yang bersih," kata Kepala Dinas PU Pengairan Guntur Priambodo.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x