Banyuwangi tuntaskan 98 persen adminduk di Kampung Sukamade melalui program Camping Embun

- 16 Juni 2022, 15:00 WIB
Pemkab Banyuwangi Jawa Timur menggelar program Camping Embun yang merupakan layanan jemput bola pada warga yang tinggal di perkebunan
Pemkab Banyuwangi Jawa Timur menggelar program Camping Embun yang merupakan layanan jemput bola pada warga yang tinggal di perkebunan /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGIPemkab Banyuwangi, Jawa Timur, kembali menggelar program Camping Embun (camping pelayanan masyarakat kebun) yang merupakan program layanan jemput bola kepada warga yang tinggal di kawasan perkebunan dan hutan.

Kali ini, program Camping Embun kembali digelar di Sukamade, kawasan Taman Nasional Meru Betiri. 

Sebelumnya, layanan ini digelar di Perkebunan Kapuk Wongsorejo, Perkebunan Kopi Malangsari dan Perkebunan Kendeng Lembu Glenmore.

"Karena secara geografis sangat jauh dan keterbatasan telekomunikasi karena memang kawasan taman nasional, sebagian warga belum memperbarui data kependudukannya. Nah, kami lakukan jemput bola agar beliau-beliau bisa memperbaruinya sehingga akan memudahkan dalam mengakses program pemerintah," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis. 

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Berikan Kemandirian Ekonomi Warga Disabilitas Lewat Pelatihan Cukur Rambut

Menurut dia, aksesibilitas untuk keluar kampung di Sukamade memang cukup sulit, dan di Sukamade yang dihuni 289 Kepala Keluarga  (KK) sendiri merupakan kampung paling pelosok yang berada di Desa Sarongan. 

Aksesnya terbatas. Hanya berupa jalan makadam yang harus ditempuh dengan kendaraan tertentu. Bahkan, harus menyeberang sungai.

"Ini bukan perkara jumlah penduduk yang sedikit atau bagaimana. Namun, kami ingin memastikan semua hak dasar warga terlayani meski hanya dihuni ratusan KK. Ya diantaranya adminduk," ucap Ipuk.

Baca Juga: Peserta ini Senang Bisa Mendapat Banyak Manfaat dari Program JKN KIS

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x