Camping Embun, Cara Banyuwangi Mengurai Permasalahan Dokumen Kependudukan di Kawasan Hutan dan Perkebunan

- 10 Agustus 2022, 22:00 WIB
Bupati Ipuk Fiestiandani di acara Festival Camping Embun, pelayanan adminduk di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, Kalibaru Kulon 
Bupati Ipuk Fiestiandani di acara Festival Camping Embun, pelayanan adminduk di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, Kalibaru Kulon  /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Letak geografis dan teknologi yang kurang terjangkau, menjadi salah satu penyebab masyarakat enggan mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Seperti yang banyak terjadi di kawasan hutan dan perkebunan di Banyuwangi.

Jauhnya akses menuju pusat pelayanan menjadi salah alasan masyarakat enggan mengurus atau memperbarui adminduk.

Baca Juga: Cegah Inflasi Pangan, Banyuwangi Tekan MoU Kerjasama Perdagangan Antar Daerah

Meski Banyuwangi telah memiliki inovasi digiltalisasi dalam kepengurusan adminduk, namun bagi warga di kawasan hutan dan perkebunan solusi tersebut juga sulit dilakukan karena keterbatasan teknologi komunikasi di kawasan tersebut.

Dari masalah tersebut, Banyuwangi mendekatkan layanan adminduk dengan Festival Camping Embun, di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, Kalibaru Kulon, yang merupakan kawasan Perkebunan Jatirono, PT Perkebunan Nasional (PTPN) XII pada Rabu 10 Agustus 2022.

Desa Kajarharojo terletak sekitar 15 kilometer dari kantor Kecamatan Kalibaru yang merupakan kecamatan paling selatan Banyuwangi.

Baca Juga: Luncurkan Bulan Imunisasi di Lereng Gunung Raung: Semua Warga Berhak Dapat Layanan Kesehatan

Menuju desa ini harus melewati jalan menanjak dengan kontur jalan berbatu (makadam) sekitar 10 kilometer dari jalan utama.

Halaman:

Editor: Rika Wulandari

Sumber: Pemkab Banyuwangi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah