Kunjungi Banyuwangi, Menteri Bahlil Pesan Tas Bulanan ke Perajin Disabilitas

- 12 Agustus 2022, 07:00 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia berkunjung ke Banyuwangi untuk memberikan NIB pada UMK Perseorangan
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia berkunjung ke Banyuwangi untuk memberikan NIB pada UMK Perseorangan /Dok. Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, untuk Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Banyuwangi, Kamis 11 Agustus 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Bahlil menjalin kerjasama dengan pengusaha disabilitas yang memproduksi tas parcel dari anyaman bambu.

Bahlil sempat berdiskusi dengan penerima NIB. Salah satunya Rudi Hartono warga Genteng. Rudi yang seorang disabilitas memproduksi tas parcel dan tisu yang dibuatnya sendiri.

Baca Juga: Kesbangpol Kabupaten Banyuwangi Gelar Diskusi Kebangsaan, Ajak Generasi Muda Bangun Nasionalisme

"Tas ini berapa harganya dan siapa yang membuat? Dalam satu bulan bisa membuat berapa?" tanya Bahlil.

"Tas ini saya buat sendiri. Harganya Rp 50.000. Dalam satu bulan saya bisa memproduksi 20 tas. Saya belum punya karyawan, semuanya saya kerjakan sendiri. Usaha ini masih baru sekitar satu tahun," kata Rudi yang baru saja mendapat INB untuk usahanya tersebut.

Menurut Bahlil tas yang diproduksi Rudi memiliki kualitas baik. Menurutnya, apabila tas ini dijual di mal bisa mencapai Rp 200.000. Bahlil langsung menjalin kerjasama, Kementerian Investasi/BKPM akan memesan 50 tas tiap bulan kepada Rudi.

Baca Juga: Perubahan dari Email ke NIK untuk NIB, Menteri Bahlil : Ide Bupati Banyuwangi

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tersebut, juga meminta perbankan membantu Rudi untuk mengembangkan usahanya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain Rudi, Bahlil juga berdiskusi dengan Syva Dila Kharisma, yang merintis "Durian Garden" Songgon.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x