Rayakan HUT RI ke-77, Petugas Upacara Desa Kepundungan Didominasi Perempuan dan Anak

- 17 Agustus 2022, 13:00 WIB
Upacara bendera dalam rangka HUT RI ke-77, petugas upacara di Desa Kepundungan, Kec. Srono, Kab. Banyuwangi didominasi perempuan dan anak
Upacara bendera dalam rangka HUT RI ke-77, petugas upacara di Desa Kepundungan, Kec. Srono, Kab. Banyuwangi didominasi perempuan dan anak /Ringtimes Banyuwangi/Suci Annisa Caroline/

RINGTIMES BANYUWANGI - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, masyarakat Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi menggelar upacara bendera dengan hikmat dan meriah pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Uniknya, gelaran upacara yang dilaksanakan di Lapangan Kepundungan tersebut memiliki khas tersendiri, yaitu mayoritas petugas upacara bendera didominasi oleh perempuan dan anak.

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2021, Desa Kepundungan ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sebagai pilot project Desa Ramah Perempuan dan Perlindungan Anak (DRPPA).

Baca Juga: Sharma Nadya, Seorang Warga Solo Mencari Ibu yang Berasal dari Banyuwangi

"Perempuan dan anak harus berperan aktif dan berkontribusi positif dalam perencanaan dan pembangunan daerah," kata Kepala Desa Kepundungan, Tri Marvilla Sukmana.

Lanjutnya, Villa menjelaskan bahwa perempuan dan anak merupakan aset negara yang berharga dan perlu dijaga hak-haknya.

"Perdana kita lakukan upacara yang rata-rata perempuan dan anak, agar mereka lebih percaya diri di depan publik," imbuhnya.

Baca Juga: Teken MoU dengan Kemenaker, Warga Banyuwangi Dapat Banyak Pelatihan Kompetensi Gratis

Selain itu, ada keunikan lainnya pada upacara tersebut, bendera merah putih yang mengelilingi lapangan terhitung sejumlah 17.

Hal tersebut menandakan kemerdekaan Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah