Arsitektur Illuminarch 2022, Cara Banyuwangi Tampikan Karya-Karya Arsitek Muda

- 26 Agustus 2022, 07:00 WIB
Pameran arsitektur, Illuminarch 2022, digelar di Gedung Djuang ‘45 Banyuwangi pada 25-27 Agustus 2022.
Pameran arsitektur, Illuminarch 2022, digelar di Gedung Djuang ‘45 Banyuwangi pada 25-27 Agustus 2022. /Dok. Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi bersama Arsitek Muda Banyuwangi (AMB) menggelar pameran arsitektur, Illuminarch 2022, di Gedung Djuang ‘45 Banyuwangi, 25-27 Agustus 2022.

Puluhan karya arsitek-arsitek muda Banyuwangi ditampilkan dalam pameran yang digelar selama tiga hari tersebut.

Illuminarch merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Arsitektur Nusantara yang rutin digelar Banyuwangi. Sejak 2019, Banyuwangi ajeg menggelar festival arsitektur.

 Baca Juga: Disambut Bupati Ipuk, Mostafa Atef Bersholawat di Banyuwangi

“Festival Arsitektur ini adalah komitmen Banyuwangi mendukung pengembangan kekayaan arsitektur lokal yang sangat beragam di Tanah Air. Di Banyuwangi, arsitektur adalah bagian penting dari pembangunan. Kami menitipkan arsitektur sebagai produk kebudayaan kepada kemajuan ekonomi yang sedang berlangsung,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat membuka Illuminarch, Kamis (25 Agustus 2022).

Illuminarch didukung oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) berisikan lomba sketsa, pameran karya, sosialisasi tentang bagaimana menjadi arsitek, bedah karya siswa yang mengikuti lomba sketsa, hingga sharing session arsitektur yang mengikutsertakan konsultan dan arsitek.

Illuminarch bermakna Illuminare yang berarti menerangi dan architecture yang memiliki arti ilmu merancang bangunan.

Baca Juga: Bareng Kiai dan Ribuan Warga Bersalawat, Bupati Ipuk: Berkah bagi Banyuwangi

Tema yang diusung dalam acara kali ini yaitu Knowing Architecure merupakan refleksi dari memberikan pengetahuan mengenai arsitektur.

Dalam acara tersebut dipamerkan karya-karya arsitektur dari arsitek-arsitek muda Banyuwangi. Seperti rancang desain Gedung Korpri Banyuwangi, Pasar Rogojampi dan juga desain Co-Box Hotel oleh Pringgo Wijaya arsitek Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x