Upacara Hari Raya Galungan di Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi Berjalan Khidmat

- 6 Januari 2023, 10:00 WIB
Upacara Galungan di Banjar Patoman Blimbingsari, Banyuwangi dilakukan secara sakral dengan melakukan persembahyangan di Sanggah Merajan.
Upacara Galungan di Banjar Patoman Blimbingsari, Banyuwangi dilakukan secara sakral dengan melakukan persembahyangan di Sanggah Merajan. /Balighotul Hikmah / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI, Galungan merupakan hari raya umat beragama Hindu yang dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2023. Dalam perhitungan tanggal Hindu upacara Galungan ditetapkan pada Wuku Dungulan atau Rabu Kliwon.

Adapun upacara Galungan di Banjar Patoman Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi dilakukan secara sakral dengan melakukan persembahyangan di Pura keluarga atau disebut “Sanggah Merajan”. Sebelum upacara Galungan berlangsung, terdapat berbagai rangkaian keagamaan yang dilaksanakan selama seminggu sebelumnya.

Persembahyangan upacara Galungan dilakukan pada pagi hari di tiap-tiap rumah. Sebab pada dasarnya setiap lingkungan rumah umat Hindu terdapat Sanggah Merajan yang digunakan untuk ibadah.

Baca Juga: Kebut Turunkan Angka Stunting, Banyuwangi Siapkan Program Nutrisi Baduta

“Upacara dilakukan pada Rabu, 4 Januari di pagi hari dengan membawa sesajen atau disebut dengan “Banten”. Sesajen yang dibawa disesuikan dengan kemampuan dari tiap keluarga”, Jelas Kayan sebagai Kelian Adat Banjar Patoman Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi.

Kelian merupakan orang yang dituakan yang berkaitan dengan pelaksanaan adat-adat keagamaan hindu di Patoman Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi. Adapun ciri khas dari Hari Raya Galungan adalah keluarga yang sedang merantau akan pulang ke kampung halamannya. Kemudian akan kembali setelah mengikuti upacara Kuningan.

Kuningan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Januari 2023. Pada dasarnya Kuningan menjadi bagian dari rangkaian upacara Galungan.

Baca Juga: Korsleting Listrik, Satu Rumah Ludes Diamuk Jago Merah

Selama Galungan berlangsung, terdapat budaya yang diterapkan yakni pihak keluarga istri mengirimkan banten kepada keluarga suami. Banten tersebut akan dipersembahkan leluhur di Pura keluarga tersebut.

Malam sebelum upacara Galungan, terdapat kunjungan dari Polsek Rogojampi. “Selamat Hari Raya Galungan untuk umat Hindu Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi. Semoga mendapatkan keselamatan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kedamaian”, ujar Kompol Sudarsono, S.H., M.H. selaku Kapolsek Rogojampi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x