Pengawasan Arus Lalu Lintas di Banyuwangi Secara Digital Melalui CCTV

- 6 Januari 2023, 09:00 WIB
Pengaturan lalu lintas di Banyuwangi saat ini diatur melalui CCTV yang dipantau oleh pihak Dinas Perhubungan Banyuwangi.
Pengaturan lalu lintas di Banyuwangi saat ini diatur melalui CCTV yang dipantau oleh pihak Dinas Perhubungan Banyuwangi. /Balighotul Hikmah / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI, Pengaturan lalu lintas di Banyuwangi saat ini diatur melalui CCTV yang dipantau oleh pihak Dinas Perhubungan Banyuwangi. Penggunaan CCTV dapat berdampak efektif sebab petugas dapat memantau arus lalu lintas tanpa terjun ke lapangan.

Kecanggihan teknologi dapat membantu untuk lebih efisien dalam mengatur arus lalu lintas. Bahkan dapat menjadi bukti krusial jika terjadi kecelakaan lalu lintas. “Banyuwangi saat ini memiliki 39 CCTV yang memantau di setiap wilayah Banyuwangi”, Hendra Lesmana Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan

CCTV ini memiliki penambahan sebanyak 4 buah yang terletak di Lincing, Kecamatan Rogojampi. CCTV tersebut telah ditambahkan sejak tahun 2022 akhir.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Sahkan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah Menjadi Perda

Untuk menambah CCTV, pihak Dinas Perhubungan Banyuwangi perlu mengajukan anggaran dana kepada Pemerintah Daerah Banyuwangi. Begitu pula dengan perbaikan dan pemeliharaan untuk merawat komponen CCTV agar tetap berfungsi.

Pemeliharaan CCTV dilakukan oleh petugas dengan mengunjungi setiap CCTV pada tiap wilayah di Banyuwangi. Pemeliharaan dapat terjadi apabila ada kabel putus, kamera rusak, maupun komponen alat yang bermasalah. Sebagai barang elektronik dan perlu pemeliharaan ekstra maka perlu melakukan pengajuan anggaran dana.

Untuk memiliki kualitas gambar yang baik dalam memantau arus lalu lintas maka diperlukan pula kualitas kamera yang baik. Saat ini kamera CCTV yang digunakan berjenis PTZ. Kamera PTZ merupakan kamera yang dapat mengontrol directional dari jarak jauh serta dapat di zoom.

Baca Juga: Kebut Turunkan Angka Stunting, Banyuwangi Siapkan Program Nutrisi Baduta

Belum semua CCTV di Banyuwangi menggunakan kamera berjenis PTZ. Saat ini yang telah menggunakan jenis tersebut adalah jalan di sekitar Pendopo, Simpang Lima, dan depan Roxy disertai dengan CCTV yang diberi audio.

Sedangkan kamera untuk e-tilang merupakan jenis kamera yang berbeda. Pada kamera e-tilang dibutuhkan server yang telah diatur oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfo).

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x