Wisata Kawah Ijen Dibersihkan, Jalur Pendakian Ditutup Sehari

- 6 Januari 2023, 21:09 WIB
Potret Kawah Gunung Ijen yang menjadi daya tarik wisatawan, yang hari ini ditutup satu hari karena ada acara Ijen Rijig.
Potret Kawah Gunung Ijen yang menjadi daya tarik wisatawan, yang hari ini ditutup satu hari karena ada acara Ijen Rijig. /Balighotul Hikmah / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Banyuwangi merupakan wilayah yang memiliki berbagai wisata alam. Wisata tersebut dapat berupa wisata di gunung maupun di laut. Banyuwangi merupakan wilayah yang terletak di ujung Timur pulau Jawa dengan julukan “Sunrise of Java”.

Dewasa ini, Banyuwangi kerap dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini didukung pula dari pihak pemerintah daerah dengan menyajikan berbagai festival agar pengunjung bisa mengenal Banyuwangi lebih dekat.

Banyak wisata di Banyuwangi yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, wisata alam di Banyuwangi juga memiliki harga yang terjangkau.

Baca Juga: Presiden Akan Datang, Stadion Banyuwangi Poles Tampilan

Banyuwangi memiliki wisata laut yang terkenal untuk snorkeling, surfing, hingga diving. Sedangkan untuk gunung dijadikan sebagai tempat pendakian bagi para pecinta alam.

Wisata terkenal untuk pendakian di Banyuwangi adalah gunung Ijen. Apabila beruntung, pengunjung juga dapat menikmati keindahan blue fire di kawah Gunung Ijen.

Namun Gunung Ijen pada tanggal 6 Januari 2023 ditutup sementara. Mengutip dari Instagram Kawah Ijen Indonesia hal ini disebabkan adanya program “Ijen Rijig”. Program tersebut merupakan kegiatan rutin untuk membersihkan kawasan wisata Gunung Ijen selama satu bulan sekali.

Baca Juga: Demi Kelancaran Acara Resmi di Banyuwangi, Dinas Perhubungan Banyuwangi Melakukan Penyekatan Lalu Lintas

Mengutip dari pengguna Instagram @f.arimurti bahwa ia merasa sedih sebab wisata Kawah Ijen tutup hari Jumat, 6 Januari 2023. “Ya Allah, sudah sampai Banyuwangi hari ini dari Jakarta taunya baru ada pengumuman tutup”, ungkap  pengguna akun Instagram tersebut.

Kegiatan Ijen Rijig dihadiri oleh Kepala Balai Besar BKSDA Jawa Timur. Pembersihan wisata Kawah Ijen akan dilakukan di area wisata untuk tetap menjaga kebersihan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x