Suhu Air Kawah Naik, Status Gunung Ijen Level Waspada

- 7 Januari 2023, 20:31 WIB
Foto kawah ijen pada kondisi normal, Namun Badan Geologi resmi mengumumkan kenaikan level aktivitas Gunung Ijen menjadi waspada (level II).
Foto kawah ijen pada kondisi normal, Namun Badan Geologi resmi mengumumkan kenaikan level aktivitas Gunung Ijen menjadi waspada (level II). /Twitter @bikinlaparmata

RINGTIMES BANYUWANGI- Badan Geologi resmi mengumumkan kenaikan level aktivitas Gunung Ijen yang semula Normal (level I), naik menjadi Waspada (level II) pada Sabtu, 7 Januari 2023 pukul 14.00 WIB.

Hal ini berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental yang didapati adanya peningkatan suhu air di kawah Gunung Ijen.

“Suhu air danau kawah pada bulan Desember 2022 terukur 16°C. Pada tanggal 5 Januari 2023, pemeriksaan kawah menunjukkan suhu air kawah meningkat menjadi 45,6°C,” tertulis pada surat yang ditandatangani Plt. Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid.

Baca Juga: TPA Blimbingsari, Banyuwangi: Tumpukan Sampah yang Menghasilkan Rezeki

Selanjutnya juga dijelaskan bahwa warna air danau kawah berwarna hijau muda, yang mana asap solfatara putih tebal dengan tekanan lemah sampai sedang serta bau gas belerang yang tercium kuat.

Pengamatan juga menghasilkan pantauan gempa yang umumnya fluktuatif atau naik turun namun terjadi kecenderungan peningkatan pada gempa permukaan atau pada kedalaman dangkal.

Dalam suratnya, Badan Geologi juga memaparkan hasil evaluasi serta potensi bahaya diantaranya peningkatan aktivitas vulkanik yang tandai dengan meningkatnya kejadian gempa hembusan dan gempa vulkanik dangkal terjadi sejak bulan Juli 2022.

Baca Juga: TPA Blimbingsari Menjadi Solusi Pengelolaan Sampah di Banyuwangi

Peningkatan aktivitas di Kawah Ijen seringkali ditandai oleh perubahan warna air danau kawah dari hijau menjadi hijau keputih-putihan.

Hal tersebut terjadi akibat naiknya endapan dari dasar danau ke permukaan oleh adanya tekanan gas yang kuat dari dasar danau.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x