TPA Blimbingsari Menjadi Solusi Pengelolaan Sampah di Banyuwangi

- 7 Januari 2023, 20:06 WIB
Kondisi sampah menumpuk dan diratakan dengan excavator di TPA Blimbingsari, Banyuwangi. Sampah merupakan masalah yang timbul sehari-hari.
Kondisi sampah menumpuk dan diratakan dengan excavator di TPA Blimbingsari, Banyuwangi. Sampah merupakan masalah yang timbul sehari-hari. /Balighotul Hikmah / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Sampah merupakan masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sampah selalu hidup berdampingan dengan masyarakat.

Pada dasarnya sampah menjadi masalah sosial. Sehingga seluruh komponen masyarakat perlu untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah.

Untuk meminimalisasi penumpukan sampah, perlu untuk mengelola sampah sebelum dibuang. Caranya dengan memilih sampah yang masih dapat digunakan dan sampah yang sudah tidak bisa digunakan.

Baca Juga: Inovasi Produk Pertanian, Anak Muda Pesanggaran Coba Menyelamatkan Petani Buah Naga

Melalui cara ini sampah dapat dimanfaatkan kembali bahkan diolah sehingga menghasilkan nilai ekonomis. Sedangkan sampah yang telah dibuang akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Banyuwangi memiliki TPA yang terletak di Desa Badean, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. TPA ini menjadi titik akhir setelah menghimpun sampah dari berbagai wilayah di Banyuwangi. TPA Blimbingsari dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi.

“Jumlah truk yang mengangkut sampah dalam sehari berjumlah 33-35 unit truk,” terang Hibbul Hadi sebagai pihak yang dipercaya mengelola TPA Blimbingsari.

Baca Juga: Jokowi Akan Hadiri Festival Islam Nusantara di Banyuwangi, Simak Rangkaian Kunjungannya

Truk-truk ini mengangkut sampah dari Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi hingga Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.  Kemudian sampah dibawa menuju TPA Blimbingsari, Banyuwangi.   

Truk pengangkut sampah merupakan alat operasional yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi. Setiap truk akan membawa sampah dari berbagai daerah kemudian menuju TPA Blimbingsari, Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x