Gerakkan Ekonomi Lokal, Bupati Ipuk Fasilitasi Pasar Ramadan

- 11 April 2023, 18:54 WIB
Pasar Ramadan ini akan digelar di sekitar kawasan RTH Taman Blambangan
Pasar Ramadan ini akan digelar di sekitar kawasan RTH Taman Blambangan /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI– Selain memfasilitasi pasar takjil, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga mengakomodir digelarnya Pasar Ramadan yang menjual aneka kebutuhan masyarakat untuk merayakan Lebaran.

Pasar Ramadan ini digelar untuk menggeliatkan ekonomi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Banyuwangi.

“Ini bagian dari memberikan ruang bagi para pelaku ekonomi mikro, tentunya juga untuk menggerakkan ekonomi daerah,” kata Ipuk pada Senin, 10 April 2023.

Baca Juga: Peringati Hari Nelayan Nasional, Dinas Perikanan Banyuwangi Imbau Tak Tangkap Hiu

Pasar Ramadan ini akan digelar di sekitar kawasan RTH Taman Blambangan, puluhan pedagang difasilitasi untuk menjajakan berbagai barang untuk keperluan hari raya. Ipuk pun meminta agar para pedagang yang berjualan adalah warga Banyuwangi sendiri. 

“Seluruh pedagang dipastikan ber-KTP Banyuwangi. Mereka tidak kita pungut retribusi. Ya karena digelar insidentil dan tidak menetap permanen,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi Nanin Oktaviantie. 

Pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, Pasar Ramadan selalu ramai diserbu setiap kali dilaksanakan. Warga banyak memanfaatkan pasar ini untuk mencari kebutuhan hari raya. Mulai dari kue lebaran hingga baju lebaran. 

Baca Juga: Bupati Ipuk Galakkan Zakat ke Baznas Untuk Entaskan Kemiskinan

Nanin mengatakan, lokasi Pasar Ramadan digelar di sisi barat dan utara RTH Taman Blambangan. “Pasar Ramadan akan berlangsung hingga H-1 Lebaran," kata Nanin.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x