Jadi Young Ambassador Agriculture 2023, Juara Jagoan Tani Banyuwangi Kebanjiran Order hinga Mancanegara

- 13 Juni 2023, 15:32 WIB
Bupati Banyuwangi berbincang dengan juara jagoan tani Banyuwangi 2022, Syva Dila Kharisma.
Bupati Banyuwangi berbincang dengan juara jagoan tani Banyuwangi 2022, Syva Dila Kharisma. /Istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI– Juara Jagoan Tani Banyuwangi 2022, Syva Dila Kharisma (22) kini terpilih sebagai Young Ambassador Agriculture 2023, Kementerian Pertanian.

Usai terpilih gadis yang akrab disapa Risma itu mengaku kebanjiran order bahkan hingga mancanegara.

Jagoan Tani merupakan kompetisi tahunan yang digelar Pemkab Banyuwangi untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bidang agribisnis untuk anak muda di Banyuwangi.

Setiap tahun, lebih dari seribu anak muda mengikuti kompetisi pertanian dari sektor mulai pertanian pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, hingga kehutanan.

Baca Juga: Kembali Digelar, Festival Kitab Kuning Bakal Hadirkan Ratusan Kitab Langka Koleksi Kiai Saleh Banyuwangi

"Alhamdulillah, setelah terpilih banyak produk durian lokal Songgon diminati para wisatawan hingga mancanegara. Kami juga dapat kontrak dari outlet luar kota seperti Jakarta dan lainnya," kata Risma saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Lounge Pelayanan Publik pada Senin, 12 Juni 2023.

Risma bercerita salah satu penilaian penting terpilih sebagai Young Ambassador Agriculture 2023, bukan hanya scale up bisnis Durian Garden Songgon yang dikelolanya, namun juga keterlibatan masyarakat sekitar dalam pengembangan bisnisnya tersebut.

Ia turut menjualkan buah-buah hasil panen petani melalui pasar secara online yang jika ditotal ada sekitar seribu pohon durian yang kini diurus oleh Risma dan mitranya di Kecamatan Songgon.

"Yang menjadi poin penilaian bukan hanya aspek bisnis namun juga apa yang bisa diberikan kepada masyarakat," tutur Risma. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x