FAO dan KKP Berdayakan Perempuan Nelayan Skala Kecil Banyuwangi

- 19 Juni 2023, 17:50 WIB
Pemkab Banyuwangi, KKP dan FAO meninjau stand produk UMKM olahan ikan.
Pemkab Banyuwangi, KKP dan FAO meninjau stand produk UMKM olahan ikan. /Istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Badan Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melatih para perempuan istri nelayan skala kecil di Kabupaten Banyuwangi untuk memperkuat keterlibatan mereka dalam rantai nilai perikanan. 

Pelatihan yang melibatkan ibu-ibu di pesisir pantai Banyuwangi itu telah berlangsung sejak Juli 2022. Setahun berlalu, pelatihan itu telah memberikan beberapa hasil.

Salah satunya menciptakan berbagai produk olahan hasil perikanan dari tangan para istri nelayan.

Produk-produk itu dipamerkan dalam kegiatan "Semarak Perempuan Perikanan Banyuwangi untuk Indonesia" yang digelar di Taman Blambangan pada Minggu, 18 Juni 2023.

Baca Juga: Berlangsung Meriah, Ribuan Orang Padati Final Gala Desa Bola Voli Piala Bupati Banyuwangi

Kepala Perwakilan FAO di Indonesia dan Timor Leste Rajendra Aryal menjelaskan, para istri nelayan skala kecil punya peran sentral dalam mempromosikan ikan sebagai sumber gizi untuk konsumsi sehari-hari.

"Penting untuk mengakui peran perempuan dalam perikanan skala kecil. Perempuan memainkan peran sentral dalam mempromosikan ikan sebagai sumber gizi dan konsumsi harian", kata Aryal.

Dalam pelatihan yang dijalankan, berbagai intervensi telah dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kelompok perempuan dalam perikanan skala kecil.

Survei terbaru FAO yang dilakukan di Banyuwangi mengungkapkan, hampir 80 persen istri nelayan tidak terlibat dalam pengambilan keputusan terkait penggunaan pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan itu.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x