Jarang Tidur Teratur Dapat Menyebabkan Obesitas, Simak Penjelasan Berikut

- 11 Januari 2024, 08:00 WIB
Jarang Tidur Teratur Dapat Menyebabkan Obesitas, Simak Penjelasan Berikut
Jarang Tidur Teratur Dapat Menyebabkan Obesitas, Simak Penjelasan Berikut /

RINGTIMES BANYUWANGI- Tidur yang cukup merupakan hal sangat penting dalam menjaga kesehatan baik fisik maupun mental, terutama pada remaja.

Remaja yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas, diabetes, cedera, masalah kesehatan mental, serta masalah perhatian dan perilaku. Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) di kemudian hari juga turut meningkat. Menurut World Health Organization (2021), PTM menyebabkan 71 persen kematian atau sekitar 41 juta orang setiap tahun.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) juga menunjukkan adanya peningkatan prevalensi diabetes, stroke, hipertensi, dan penyakit sendi dari tahun 2007, 2013, hingga 2018.

Baca Juga: Aturan Baru dan Syarat Perpanjang STNK 2024. Simak Informasinya Berikut

 Untuk itu, Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia bekerja sama dengan SMP Negeri 33 Depok menyelenggarakan program edukasi kesehatan khusus untuk remaja.

Program itu menggandeng para siswa SMP Negeri 33 Depok yang telah dinobatkan sebagai duta sehat dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidur berkualitas dan dampaknya terhadap kesehatan remaja.

 Sebanyak 30 siswa yang merupakan duta sehat, kepala sekolah, dan 5 guru di SMPN 33 Depok, mengikuti program edukasi berjudul “Healthy Sleep dan Pencegahan Dini Penyakit Tidak Menular”.

Baca Juga: Jefri Nichol Kenalkan Lebih Dekat Sosok Ali Topan yang Diperankannya, Simak Behind The Scenenya

Tim Pengmas FIK UI menyampaikan materi tentang pentingnya tidur berkualitas bagi remaja, praktik napping, dan pencegahan penyakit tidak menular.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi dan pemeriksaan terkait insomnia, gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x