Sering Mendengarkan Musik?, Berikut 5 Manfaatnya

- 13 Januari 2024, 14:48 WIB
Sering Mendengarkan Musik?, Berikut 5 Manfaatnya
Sering Mendengarkan Musik?, Berikut 5 Manfaatnya /Pixabay/ Pexels/

RINGTIMES BANYUWANGI- Penggunaan musik untuk sarana penyembuhan jiwa telah dikenal selama barabad-abad silam.

Musik bahkan bisa memunculkan efek yang menenangkan pikiran, membangkitkan semangat hidup, dan membantu pengobatan untuk penyakit tertentu.

Meski begitu, musik tidak secara langsung menyembuhkan suatu penyakit dalam tubuh. Musik bisa menurunkan kadar kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres, dan berdampak pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tugas Dan Wewenang PTPS Berdasarkan Peraturan Bawaslu Tahun 2020

Selain itu, musik juga mampu merangsang pelepasan neurotransmiter seperti dopamin yang meningkatkan perasaan senang dan rileks.

Berikut beberapa manfaat musik untuk menunjukkan efek positif bagi kesehatan tubuh.

  1. Meringankan nyeri Mendengarkan musik secara teratur terbukti meringankan nyeri. Efek ini bekerja dengan mendistraksi perhatian seseorang dari rasa nyerinya ke alunan musik. Oleh karena itu, terapi musik bisa menyembuhkan seseorang dari ketergantungan terhadap obat pereda nyeri.
  2. Gangguan kesehatan mental Gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres pasca-trauma (PTSD) dapat diringankan efeknya melalui musik. Mendengarkan atau menciptakan musik juga berfungsi sebagai pelampiasan ekspresi emosional dan membantu memproses perasaan. Ilustrasi mendengarkan musik. Lirik dan Terjemahan Lagu Do It Like That - TXT dan Jonas Brother.
  3. Gangguan Neurologis Musik terbukti memiliki dampak positif pada individu dengan kondisi neurologis seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson. Ini dapat merangsang fungsi kognitif, memori, dan keterampilan motorik, meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
  4. Kesehatan Kardiovaskular Mendengarkan musik dengan alunan nada yang menenangkan, secara ilmiah membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan mengurangi risiko masalah terkait jantung.
  5. Sembuhkan anak yang gangguan bicara Kebiasaan mendengarkan musik juga memberikan pengaruh positif bagi kelompok anak-anak dengan gangguan pertumbuhan atau hambatan bicara.

Baca Juga: Lowongan kerja BPRS Madina Terbaru, Fresh Graduate Boleh Melamar

Alunannya yang mengandung ritme dan melodi dapat mendukung perkembangan bicara dan bahasa dalam diri anak-anak.***

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x