Faktor Penyebab Stunting, Banyak Konsumsi Gula Sebabkan Stunting Tidak Benar

- 14 Januari 2024, 15:00 WIB
aktor Penyebab Stunting, Banyak Konsumsi Gula Sebabkan Stunting Tidak Benar
aktor Penyebab Stunting, Banyak Konsumsi Gula Sebabkan Stunting Tidak Benar /Pexels/August-de-richelieu

RINGTIMES BANYUWANGI- Stunting berkaitan dengan persoalan asupan gizi. Sejauh ini belum ada yang menunjukkan konsumsi gula menjadi penyebab stunting.

Ketua Tim Kerja Standar Kecukupan Gizi, Mahmud Fauzi, mengatakan, beberapa waktu lalu terdapat kasus stunting yang dicurigai karena pemberian Susu Kental Manis (SKM) dan makanan tinggi gula.

Menurutnya, hal pertama yang harus dicermati adalah apakah anak sudah mengonsumsi aneka ragam makanan bergizi.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru Kementrian ATR/BPN, Cek Persyaratan Dan Posisi Yang Dibutuhkan

"Pada dasarnya masalah kekurangan nutrisi, seperti stunting, sangat dipengaruhi karena kurangnya konsumsi makanan yang bergizi, terutama protein hewani dan adanya masalah infeksi yang dialami anak," kata dia dalam keterangan tertulis pada Minggu, 14 Januari 2024.

Ia mengatakan, terkait makanan minuman yang tinggi gula, untuk anak di bawah umur 2 tahun, maka asupan gula dalam bentuk gula tambahan dibatasi kurang dari 5 persen total kalori, yaitu 50-60 kalori.

"Jadi kurang tepat kalau konsumsi gula yang tinggi dikatakan penyebab stunting," tuturnya.

Baca Juga: Memasuki Bulan Rajab Serta Mendekati Ramadhan, Berikut 6 Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

Ia menambahkan, penyebab stunting sangatlah multifaktor, mulai dari ada tidaknya masalah gizi sejak remaja putri, asupan gizi yang tidak optimal saat ibu hamil, pemberian makan pada bayi yang tidak adekuat, ada tidaknya infeksi yang dialami anak, pola asuh, hingga sosial ekonomi keluarga.

Akan tetapi, jika dilihat dari prevalensi kelompok usia 6-23 bulan, salah satu faktor penyebab langsung terjadinya stunting, menurut Fauzi, adalah pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang kurang bergizi serta minim protein hewani.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x