Kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia

- 16 Juni 2022, 16:15 WIB
Timnas Indonesia bukan pertama kali berkiprah dalam Piala Asia. Ada sederet kisah yang perlu utnuk diketahui.
Timnas Indonesia bukan pertama kali berkiprah dalam Piala Asia. Ada sederet kisah yang perlu utnuk diketahui. /PSSI/

RINGTIMES BANYUWANGI – Hal menarik terjadi pada pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Nepal di Stadion Jaber Al-Ahmed, Kuwait. Timnas Indonesia berhasil melangkah ke Piala Asia 2023 setelah mengandaskan Nepal dengan skor tujuh-nol.

Lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 dengan status sebagai runner up terbaik, menambah panjang kiprah Timnas Indonesia di ajang Piala Asia.

Timnas Indonesia berhasil mengantongi enam poin dengan tiga pertandingan di group A kualifikasi Piala Asia. Kiprah Timnas Indonesia ini berhasil memecah penantian selama lima belas tahun di ajang bergengsi Benua Asia ini. 

Baca Juga: Meski Jarang Disorot, Timnas Amputasi Indonesia Berhasil Lolos ke Piala Dunia 2022

Bertolak dari sejarah, Timnas Indonesia bukanlah langganan pada ajang Piala Asia. Skuad Garuda baru berpartisipasi dalam kejuaraan ini sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Meski pada perhelatan tersebut Timnas Indonesia memiliki banyak pemain berbakat, tetapi belum ada yang bisa memberikan hasil yang maksimal pada publik sepak bola Indonesia.

Pada tahun 1996, Skuad Garuda tidak mampu memperoleh satu poin pun di fase group. Alhasil Timnas Indonesia tak bisa melangkah lebih jauh. Indonesia hanya tidak dapat lolos dari fase penyisihan group. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Berhasil Lolos ke Piala Asia 2023, Shin Tae Yong: Kita Akan Jauh Lebih Kuat

Pada tahun 2000, 2004, sebenarnya Tim Merah Putih memiliki performa yang sangat bagus dan mumpuni. Namun tak ada satu pun yang berbuah manis. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan tahun 1996.

Indonesia pada saat itu tak pernah sekalipun menang, seri sekali dan mengalami dua kali kekalahan.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: PSSI.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x