Sejarah Olahraga Sepak Bola dan Piala Dunia

- 1 Juli 2022, 19:19 WIB
Sejarah Olahraga Sepak Bola dan Piala Dunia
Sejarah Olahraga Sepak Bola dan Piala Dunia /Tangkapan Layar youtube@CERITA BOLA

RINGTIMES BANYUWANGI  – Sepak bola merupakan olahraga yang paling terkenal di dunia.

Sepak bola tidak hanya diminati laki-laki, wanita juga menyukai olahraga ini. Bahkan permainan yang satu ini paling banyak diminati, mengingat di setiap pertandingan yang ada tidak pernah luput dari banyaknya penonton.

Umumnyaa, sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit dan dimainkan oleh 2 tim.

Dilansir dari britanica.com pada 1 Juni 2022, masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Dimana masing-masing tim berusaha untuk memenangkan permainan dengan cara mencetak gol ke gawang lawan.

Baca Juga: Mengenal Sejarah dan Kejuaran Olahraga Futsal, Berawal Tahun 1930

FIFA sendiri dibentuk bertujuan  mengatur segala hal yang berkaitan dengan sepak bola dan menyatukan asosiasi-asosiasi yang ada untuk bersama-sama memajukan olahraga ini.

Pada 1904 terbentuk FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA adalah badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis yang ditandatangani oleh tujuh negara yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Sebelum FIFA lahir, ada beberapa asosiasi sepak bola di Eropa. Beberapa di antaranya yaitu Asosiasi Sepak Bola Italia (FICG), Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan menjadi asosiasi sepak bola pertama di dunia.

Piala Dunia itu adalah kompetisi olahraga yang paling banyak ditonton di dunia. Kepopulerannya bahkan melampaui Olimpiade. Piala dunia pertama Pada 13 Juli 1930, Piala Dunia yang pertama dimainkan secara serentak di kota tuan rumah Montevideo, Uruguay.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: Britannica.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x