Dalam Perang Lawan China, Australia Seret Indonesia

- 6 Juli 2020, 17:55 WIB
ILUSTRASI bendera Australia.* /Pixabay/RebeccaLintzPhotography/


RINGTIMES BANYUWANGI - Kini perseteruan antara Tiongkok dengan Amerika Serikat (AS) tidak hanya menciptakan ketegangan antara kedua negara.

Jika nanti dua negara raksasa itu berseteru, negara-negara sekutu kedua belah pihak akan terlibat secara langsung maupun tidak.

Salah satu sekutu AS adalah Australia. Bila Australia ikut terlibat dalam perseteruan di Laut China Selatan, ada kemungkinan juga Indonesia bisa saja ikut terseret di dalamnya.

Baca Juga: Kaget Melihat Dapur yang Ia Tinggalkan Selama Tiga Bulan, Ternyata Ini Alasannya

Mengapa? Dikutip ringtimesbanyuwangi.com dari WartaEkonomi.co.id yang melansir laporan Asia Times, saat ini Tiongkok tengah memantau aktivitas sejumlah negara yang tergabung dalam Kemitraan Strategis Kompeherensif (CSP), sebuah kemitraan yang dibuat Australia dengan sejumlah negara.

Di dalam CSP tersebut, Australia mengikat lima negara dalam sebuah kolaborasi Kemitraan Strategis Kompeherensif. Kelima negara itu adalah Amerika, Jepang, Vietnam, India, dan Indonesia.

Mengutip situs resmi Kementerian Luar Negeri Australia, dipastikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi salah satu mitra Negeri Kanguru itu.

Hal tersebut tertuang dalam sebuah artikel berjudul "Deklarasi Bersama tentang Kemitraan Strategis Kompeherensif antara Australia dan Republik Indonesia".

Baca Juga: Ada Zombie di Belakangmu! Bayangkan Jika Film Korea ini Terjadi

Indonesia sepakat bergabung dalam Kemitraan Strategis Kompeherensif pada 31 Agustus 2018, saat Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, menyambangi Istana Bogor dan bertemu langsung dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Halaman:

Editor: Sophia Tri Rahayu

Sumber: Portal Jember Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X