Amerika Serikat Klaim Angkatan Lautnya Terkuat di Dunia, China Ternyata Punya Strategi Lain

- 18 September 2020, 16:30 WIB
Kapal perusak berpeluru kendali milik Angkatan Laut Amerika Serikat USS McCampbell keluar dari formasi dengan kapal-kapal lainnya setelah latihan untuk menandai berakhirnya Valiant Shield 2016 di Laut Filipina, 23 September 2016. //U.S. Navy/Mass Communication Specialist 3rd Class Patrick Dionne/Handout via REUTERS/ANTARA


RINGTIMES BANYUWANGI - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper mengatakan meski kalah dalam jumlah kapal perang lebih sedikit daripada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) China, ia menegaskan bahwa kekuatan militernya masih tak tertandingi.

"Saya ingin menjelaskan bahwa China tidak dapat menandingi Amerika Serikat dalam hal kekuatan Angkatan Laut," kata Esper.

Dengan percaya diri Esper menyebut meskipun Angkatan Laut AS berhenti membuat kapal baru pun, China tidak dapat menutup kesenjangan dalam melampaui Amerika Serikat.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Galamedianews.com dengan judul Angkatan Laut Amerika Serikat Diklaim Paling Kuat di Dunia, China Tersenyum Ternyata ...

Baca Juga: Arab Saudi Miliki 90 Ribu Ton Bahan Baku Nuklir, Hubunganya Kian Dekat dengan China

"Bahkan jika kami berhenti membuat kapal baru, akan membutuhkan waktu bertahun-tahun (bagi China) untuk menutup kesenjangan dalam hal kemampuan kami di laut lepas,” ujarnya, seperti dikutip Sputniknews, Jumat 18 September 2020.

Dia juga menambahkan bahwa jumlah kapal yang cukup banyak tidak menjamin kemenangan, tetapi hal yang perlu dipertimbangkan yaitu jenis kapal, kemampuan kapal, keterampilan kru, kecakapan para perwira dalam memimpin serta cara AS melawan.

"Jumlah kapal itu penting, tetapi tidak menceritakan keseluruhan cerita. Mereka tidak membahas jenis kapal dan kemampuan kapal yang dihitung; keterampilan kru yang mengoperasikannya; kecakapan para perwira yang memimpin mereka; atau cara kami melawan mereka," tambah Esper.

“Meskipun demikian, kita harus tetap di depan; kita harus mempertahankan overmatch kita; dan kami akan terus membangun kapal modern untuk memastikan kami tetap menjadi Angkatan Laut terhebat di dunia," papar Esper.

Baca Juga: Ketahui 10 Tanaman Pembawa Sial Berikut Ini, Salah Satunya Bunga Kertas

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: Galamedianews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X