Kaki Pria Berusia 82 Tahun Salah Amputasi, Dugaan Karena Human Error

- 25 Mei 2021, 09:13 WIB
Ilustrasi pria lansia berusia 82 tahun harus menaggung insiden malang karena kakinya salah amputasi di sebuah klinik di Austria.
Ilustrasi pria lansia berusia 82 tahun harus menaggung insiden malang karena kakinya salah amputasi di sebuah klinik di Austria. /Unsplash/ alevision.co/

  RINGTIMES BANYUWANGI - Seorang pria lansia berusia 82 tahun asal Austria harus kehilangan salah satu kakinya yang sehat.

Alih-alih, kaki yang menjadi sumber penyakit yang diangkat, tenaga kesehatan justru mengamputasi kaki yang salah dalam operasi pada Selasa, 18 Mei 2021.

Pasien tersebut disebut memiliki berbagai macam penyakit, sehingga menyebabkan kakinya harus diamputasi.

Keadaannya yang tidak mendukung itu mengharuskan lansia tersebut harus dirawat di Klinik Freistadt, di kota Freistadt dekat dengan perbatasan Czech, Austria.

Baca Juga: 3 Efek Samping Penggunaan Kondom bagi Pria Maupun Wanita, Awas Kanker

Kesalahan amputasi kaki pria malang itu diketahui oleh petugas klinik pada hari Kamis saat mengganti perban pasien, dan menyebut insiden tersebut sebagai "kesalahan tragis".

Dikutip Ringtimesbanyuwangi.com pada 25 Mei 2021 dari The Guardian, awal mula kesalahan dilakukan sesaat sebelum operasi, saat kaki yang harus diamputasi ditandai.

"Kami sangat terkejut saat hari Selasa, 18 Mei, meskipun ada standar jaminan kualitas, kaki yang salah dari pria tua 82 tahun... diamputasi," kata Direktur Kesehatan Klinik, Norbert Fritsch.

"Kami harus menemukan bagaimana kegagalan ini, kesalahan ini dapat terjadi. Di sini, saya meminta maaf di depan umum," kata Fritsch dalam konferensi.

Baca Juga: Viral, Lansia Pelempar Sampah ke Mulut Kuda Nil di Taman Safari Akhirnya Meminta Maaf

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x