Polemik Wilayah Kawah Ijen Libatkan Banyuwangi dan Bondowoso, Bupati Ipuk Angkat Bicara

- 1 Juli 2021, 21:09 WIB
Polemik pembagian wilayah kawah ien libatkan Banyuwangi dan Bondowoso
Polemik pembagian wilayah kawah ien libatkan Banyuwangi dan Bondowoso /Instagram.com/@kawahijenindonesia

RINGTIMES BANYUWANGI - Polemik batas wilayah pegunungan Ijen yang melibatkan dua kabupaten, yakni Banyuwangi dan Bondowoso masih dalam perundingan.

Beredar kabar pada Kamis, 1 Juli 2021 bahwa wilayah Kawah Ijen yang semula dimiliki oleh dua kabupaten justru diberikan kepada Kabupaten Bondowoso.

Adanya kabar pembagian wilayah Kawah Ijen yang kurang menguntungkan bagi Banyuwangi itu lantas dipertanyakan, mengingat destinasi wisata tersebut identik dengan Bumi Blambangan.

Baca Juga: Eksotisnya Wisata Kawah Ijen Banyuwangi, dari Danau Kawah hingga 'Blue Fire'

Menanggapi berita itu, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani angkat bicara bahwasanya polemik wilayah perbatasan Kawah Ijen belum selesai.

“Ijen, ini memang sudah menjadi berita ya tetapi intinya saya perjelas lagi bahwa masalah ini belum selesai dan kami dari eksekutif sudah jelas ambil suara akan mempertahankan Kawah Ijen sebagai bagian dari taman nasional,” ujar Bupati Ipuk Fiestiandani ketika ditemui awak media seperti dilansir dari Youtube One Banyuwangi pada Kamis, 1 Juli 2021.

Mengenai pembagian wilayah Kawah Ijen, Bupati Ipuk juga menegaskan bahwa butuh proses panjang untuk menghasilkan kesepakatan.

Baca Juga: Megahnya Kawah Ijen Banyuwangi, Panorama Alam yang Tiada Duanya

Adanya polemik juga turut mengundang perwakilan dewan untuk bersuara yang berkaitan dengan Ijen.

Pihak Kemendagri juga dikabarkan akan memfasilitasi pertemuan antara Banyuwangi dan Bondowoso guna membahas batas wilayah Kawah Ijen.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x