Hadapi La Nina, Dinas Pengairan Banyuwangi Siapkan PPA 24 jam

- 22 November 2021, 19:40 WIB
Korsda Pengairan Pesanggaran sedang mengatur pintu air saat hujan deras beberapa waktu lalu.
Korsda Pengairan Pesanggaran sedang mengatur pintu air saat hujan deras beberapa waktu lalu. /IG : korsda_Pesanggaran / dinaspengairanbanyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Dinas Pengairan Banyuwangi Siap Siaga menghadapi fenomena alam La Nina. Diantaranya dengan menempatkan petugas penjaga air (PPA)  dan juru air selama 24 jam di pintu air.

Kepala Dinas Pengairan Ir. H Guntur Priambodo  MM beberapa waktu lalu menjelaskan PPA dan juru air diminta segera membuka pintu air jika sewaktu-waktu terjadi luapan. Ia menegaskan, penjagaan pun harus sesuai SOP (standart operational procedure) untuk meminimalisir human eror.

Selain itu, dari segi infrastruktur pihaknya melakukan monitoring terhadap pintu-pintu air/DAM terutama yang besar seperti Dam Blambangan, Karangdoro, Stail dan Concrong.

Baca Juga: Dinas Pengairan Banyuwangi Kerjakan 1.190 Proyek Irigasi untuk Tingkatkan Hasil Pertanian

Beberapa titik wilayah banjir run off atau aliran yang berasal dari hujan juga menjadi perhatian Dinas pengairan.

Seperti di wilayah Wongsorejo dan Alasmalang. Ada sungai yang melintang di jalan nasional dengan kondisi jembatan serta gorong-gorongnya sudah berumur

“Run off nya tidak ada beban penahan dari atas sehingga air hujan masuk ke sungai bersama sampah kayu, memasuki jembatan yang sempit sehingga terjadi penyumbatan dan luapan air,” ucap Guntur.

Baca Juga: Dinas Pengairan Banyuwangi Tes Geolistrik Sebelum Pembangunan Sumur Bor

Mengantisipasi hal itu pihaknya telah menyiapkan alat berat di wilayah tersebut untuk mengangkat sampah tumpukan kayu yang menyumbat gorong-gorong.

Guntur menambahkan Bupati Banyuwangi juga telah menginstruksikan camat serta Kepala Desa maupun Kelurahan untuk menghimbau warganya agar tidak membuang sampah di sungai.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x