Kelompok Peretas Internasional 'Anonymous' Deklarasikan Perang Siber, Ingin 'Hancurkan' Situs Rusia

- 25 Februari 2022, 15:50 WIB
Ilustrasi Hacktivist Anonymous. Geram dengan invasi terhadap Ukraina, kelompok peretas Anonymous bergerak ingin hancurkan situs web Rusia.
Ilustrasi Hacktivist Anonymous. Geram dengan invasi terhadap Ukraina, kelompok peretas Anonymous bergerak ingin hancurkan situs web Rusia. /Unsplash

RINGTIMES BANYUWANGI - 'Anonymous', kelompok peretas telah secara resmi mendeklarasikan perang dunia maya melawan Rusia, lewat akun twitter mereka pada Jumat, 25 Februari 2022. 

Melalui cuitan susulan, tim peretas tersebut mengklaim telah menonaktifkan beberapa situs web pemerintah Rusia beserta laman RT News. 

Perlu diketahui, Anonymous merupakan kelompok peretas internasional yang keanggotaannya bersifat desentralisasi.

Baca Juga: Ribuan Pengunjuk Rasa Mulai dari Tokyo hingga New York Protes Invasi Rusia ke Ukraina 

Anggota yang tergabung dalam kelompok tersebut tidak pernah bisa diketahui pasti identitas sebenarnya. Mereka biasanya tampil secara publik di dunia maya dengan tampilan topeng Guy Fawkes. 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Deklarasikan Perang Siber, Peretas Internasional Anonymous 'Hancurkan' Situs Rusia 

Akun media sosial yang mengklaim menjadi representasi kelompok itu mengumumkan deklarasi perang pada Kamis malam waktu setempat, atau sekira pukul 04.50 WIB. 

“Anonymous secara resmi menyatakan perang siber melawan pemerintah Rusia,” ujar Akun tersebut disertai tagar #Anonymous dan #Ukraina.

Baca Juga: Serangan Balik dari Pihak Ukraina, Berhasil Jatuhkan 6 Jet Tempur Milik Rusia 

Tidak berselang lama setelah pernyataan resmi dibuat, lusinan situs web pemerintahan Rusia telah terhapus dan tak bisa beroperasi. 

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x