Covid-19 dan Invasi Rusia Membuat Ukraina Menghadapi Krisis Ganda

- 2 Maret 2022, 19:56 WIB
Simak krisis ganda yang dialami Ukraina, mulai dari penyebaran Covid-19 yang semakin luas hingga invasi Rusia.
Simak krisis ganda yang dialami Ukraina, mulai dari penyebaran Covid-19 yang semakin luas hingga invasi Rusia. /Pixabay / ELG21/

RINGTIMES BANYUWANGI - Covid-19 merupakan wabah yang menyerang hampir seluruh dunia tidak terkecuali Ukraina. 

Adanya invasi Rusia menjadi salah satu pemicu Covid-19 menyebar lebih luas lagi. Ketika orang-orang melarikan diri dari perang, terdapat kekhawatiran apakah mereka membawa virus atau tidak. 

Wabah Covid-19 memang sudah mulai membaik akibat adanya vaksin. Namun melihat ke belakang, zona perang menjadi salah satu wadah penyebaran penyakit menular. 

Baca Juga: Perundingan Belum Capai Titik Terang, Rusia dan Ukraina Saling Ajukan Syarat untuk Gencatan Senjata

Seperti dilansir dari Aljazeera pada Rabu, 2 Maret 2022 bahwa invasi Rusia baru-baru ini ke Ukraina telah membuka babak gelap. Kemungkinan perang dapat mendorong infeksi Covid-19 meluas tidak hanya di Ukraina tetapi di negara-negara sekitarnya. 

Terjadinya perang dapat menghambat berbagai kegiatan seperti layanan kesehatan yang goyah, pertemuan sejumlah besar orang yang rentan, dan kerumunan orang dapat menciptakan badai kondisi yang sempurna penyebaran penyakit menular yang seperti coronavirus.

Perang dapat membuat pandemi yang hingga kini belum usai malah menjadi semakin tinggi. Rusia telah mencapai lebih dari 180.000 kasus positif pada 17 Februari, hanya beberapa hari sebelum menginvasi Ukraina.

Baca Juga: Konvoi Militer Rusia Sepanjang 65 Km Hampir Mendekati Ibukota Ukraina, Ketegangan Masih Berlanjut

Adanya keadaan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa tentara Rusia bisa jadi membawa virus saat menyerang Ukraina. Hal tersebut dapat membuat Ukraina mengalami krisis ganda yaitu invasi dan lonjakan kasus Covid-19.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x